whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Media sosial

Bisakah saya memposting puisi yang dipublikasikan ke Facebook?

Fitur "Catatan" Facebook memudahkan berbagi materi berbasis teks. Anda dapat memposting artikel, cerita, dan puisi yang terlalu panjang untuk masuk dalam pembaruan status reguler. Selalu pastikan Anda memiliki hak untuk menerbitkan kembali materi yang Anda posting. Dalam hal puisi, Anda harus mempertimbangkan dengan hati-hati apakah itu benar-benar milik Anda untuk dibagikan.

Puisi Anda Sendiri
Anda bebas menerbitkan materi apa pun yang Anda miliki. Jika Anda menulis puisi itu, Anda dapat mempostingnya ke Facebook, mengunggahnya ke situs web lain atau mencetaknya secara offline dalam bentuk apa pun. Pengecualiannya adalah jika Anda menjual puisi itu; jika Anda menerbitkan puisi dengan biaya tertentu, dan orang lain membeli hak cipta, itu bukan milik Anda lagi untuk digunakan.

Menerbitkan Puisi Hak Cipta Orang Lain
Dalam hukum AS, pencipta karya sastra seperti esai, cerita atau puisi secara otomatis memiliki hak cipta; oleh karena itu, Anda tidak dapat menyalinnya dan menerbitkannya ke Facebook tanpa izin penulis. Jika Anda menemukan sebuah puisi yang diterbitkan di tempat lain di Web, anggap puisi itu memiliki hak cipta kecuali jika dikatakan sebaliknya. Jika sebuah puisi dicetak, informasi hak cipta biasanya ada di bagian depan buku. Jika Anda memposting puisi berhak cipta ke Facebook tanpa izin dari pemegang hak cipta, Anda secara hukum mencuri.

Puisi Tanpa Hak Cipta
Beberapa penulis, terutama di Web, memilih untuk membuat puisi tersedia untuk publikasi untuk umum. Mereka dapat memilih untuk menggunakan lisensi Creative Commons, yang memungkinkan berbagi dalam persyaratan tertentu; jika Anda tidak menghasilkan uang dari itu, atau jika tujuannya bersifat mendidik, misalnya. Mereka dapat melepaskannya ke "domain publik," yang berarti siapa pun bebas untuk menggunakan, menggunakan kembali, dan menyesuaikannya dengan alasan apa pun. Puisi yang lebih tua juga ada di domain publik; 70 tahun sejak tanggal kematian penulis adalah tanggal kedaluwarsa yang biasa untuk hak cipta.

Cara Mendapatkan Izin
Bahkan jika sebuah puisi memiliki hak cipta, Anda mungkin dapat mempostingnya ke Facebook dengan penulisnya. izin. Jika Anda membaca puisi di situs web penyair, kirim email ke penulis dan tanyakan apakah Anda bisa menaruhnya di Facebook. Jelaskan bahwa hanya teman-teman Facebook Anda yang akan melihatnya, dan Anda tidak akan menghasilkan uang darinya. Penulis mungkin senang membiarkan Anda mempostingnya di bawah kondisi ini.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Media-sosial/101307776.html

Media sosial
  • Cara Membuat Blog Dengan Facebook

    Fitur Notes di Facebook memungkinkan Anda untuk mengirim pembaruan bentuk panjang - posting blog, pada dasarnya - tanpa harus mendaftar untuk layanan blogging terpisah. Anda dapat menambahkan foto, memberi tag pada teman, dan bahkan mengontrol dengan tepat siapa yang melihat setiap posting dan siapa

  • Bagaimana Saya Bisa Masuk ke Facebook Seluler di Komputer Saya?

    Facebook menawarkan versi mobile dari situs web mereka. Ini untuk pengguna yang ingin masuk ke Facebook mereka dari smartphone atau perangkat seluler lain, tetapi tidak memiliki aplikasi Facebook yang diinstal pada perangkat. Anda juga dapat masuk ke versi seluler Facebook dari browser Internet

  • Bagaimana Saya Dapat Menghias Gambar Saya di Facebook?

    Facebook tidak menyediakan cara langsung untuk menghias foto Anda di situs. Sebagai gantinya, Anda harus menggunakan aplikasi Web pihak ketiga untuk menghias gambar Facebook Anda. Salah satu aplikasi tersebut adalah Picnik, yang gratis untuk fitur pengeditan dasar yang ditawarkannya. Fitur gratis cu

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com