whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Perangkat lunak

Pembersihan Musim Semi: Percepat PC Anda dan Kosongkan Space

PC tidak harus pemeliharaan tinggi - Saya tentu saja tidak menjalankan program pembersihan PC setiap minggu. Tetapi setiap komputer bisa menggunakan tune up sesekali. Luangkan waktu beberapa menit untuk mempercepat, mengamankan, dan membebaskan ruang pada PC Anda.

Hapus File Tidak Berguna

Komputer Anda membuat file sementara dan sampah lain yang tidak perlu yang menumpuk dari waktu ke waktu. File-file ini sedikit memperlambat PC Anda dan menyia-nyiakan ruang penyimpanan - terutama jika Anda memiliki laptop modern dengan solid-state drive kecil.

Untuk menggunakan alat Pembersihan Disk Windows, tekan tombol Windows untuk membuka Start. menu atau Mulai layar dan ketik "Disk Cleanup" untuk mencarinya. Klik pintasan Disk Cleanup pada Windows 7 atau pintasan "Kosongkan ruang disk dengan menghapus file yang tidak perlu" pada Windows 8. Jalankan alat untuk menghapus file sampah - dan klik tombol "Bersihkan file sistem" juga. Ini akan membersihkan file di seluruh sistem yang tidak akan terhapus.

Anda bisa menggunakan CCleaner gratis sebagai gantinya. Alat ini menemukan file sampah dari program pihak ketiga dan juga menghapus riwayat browser Anda dan data pribadi lainnya. Periksa jenis data yang akan dihapus sebelum menjalankannya agar Anda tidak secara tidak sengaja menghapus apa pun yang ingin Anda simpan.

Bersihkan Perangkat Lunak yang Tidak Diperlukan

Saat Anda berada di sana, buka ke Control Panel dan hapus instalasi program yang tidak Anda gunakan untuk mengosongkan ruang pada hard drive Anda. Jika program berjalan di latar belakang, ini juga akan mempercepat komputer Anda dan mengosongkan memori.

Periksa daftar ekstensi atau tambahan yang diinstal browser Web Anda, dan hapus semua yang tidak Anda gunakan. Ini dapat memperlambat peramban Anda, jadi ada baiknya untuk memeriksanya secara teratur dan mencopot pemasangan apa pun yang tidak Anda gunakan.

Program yang dimulai dengan komputer Anda juga dapat memperlambat segalanya. Jika Anda tidak ingin mencopot program startup - tetapi Anda berharap program itu tidak dimulai saat boot - jangan mulai dari komputer Anda. Windows 8 menyertakan alat untuk ini - klik kanan bilah tugas Anda, pilih Task Manager, dan gunakan tab Startup untuk menonaktifkan aplikasi startup. Pada Windows 7, instal CCleaner dan gunakan Tools, panel Startup. Beberapa program sebenarnya berguna di latar belakang, jadi gunakan akal sehat saat menonaktifkan program. Misalnya, jika Anda mencegah Dropbox secara otomatis memulai dengan komputer Anda, itu tidak akan secara otomatis menyinkronkan file sampai Anda meluncurkannya. Anda selalu dapat mengaktifkan kembali program startup di lain waktu.

Periksa Pembaruan Anda

Menjaga perangkat lunak Anda mutakhir sangat penting untuk keamanan. Dengan pengaturan yang tepat, ini akan terjadi secara otomatis sehingga Anda dapat mengamankan PC Anda tanpa khawatir.

Untuk memastikan Windows memperbarui secara otomatis, buka Control Panel, navigasikan ke System and Security, Windows Update untuk memeriksa pembaruan itu. diinstal secara otomatis. Jika Anda tidak ingin menginstal pembaruan secara otomatis, atur Windows untuk memberi tahu Anda tentang pembaruan penting dan instal ketika Anda melihat lansiran.

Internet Explorer memperbarui dirinya sendiri melalui Pembaruan Windows, sementara Chrome selalu memperbarui dirinya sendiri di latar belakang . Untuk memastikan Firefox memperbarui secara otomatis, buka jendela opsinya dan arahkan ke Advanced, Perbarui. Firefox harus disetel untuk menginstal pembaruan di sini secara otomatis kecuali Anda telah menonaktifkannya sebelumnya.

Untuk memeriksa apakah plugin Anda terbaru, kunjungi halaman Periksa Plug-in Firefox - selagi Firefox ada di nama, ini berfungsi untuk sebagian besar browser. Perbarui plugin yang kedaluwarsa. Versi plugin terbaru harus secara otomatis memperbarui diri mereka sendiri, jadi instal versi terbaru.

Temukan dan Hapus Kekacauan

Unduhan Anda sendiri dan file pribadi dapat menggunakan cukup banyak ruang di komputer Anda. Alat seperti WinDirStat akan memindai hard drive komputer Anda dan memberikan tinjauan visual tentang folder dan file mana yang paling banyak memakan ruang. Jika Anda memiliki file video besar atau unduhan lain, ini akan membuatnya mudah ditemukan.

Berhati-hatilah saat menghapus file - boleh saja menghapus unduhan dan file pribadi Anda sendiri jika Anda tidak menginginkannya, tetapi Anda tidak menghapus file sistem atau file program.

Refresh atau Instal ulang Windows

Jika Anda benar-benar ingin memulai dari awal, instal ulang Windows. Pada Windows 8, gunakan fitur Refresh Your PC untuk mendapatkan sistem operasi Windows yang bersih tanpa menghapus file pribadi Anda. Anda hanya perlu menginstal ulang program desktop Windows Anda.

Pada Windows 7, gunakan partisi pemulihan komputer Anda atau disk instalasi Windows untuk menginstal ulang Windows. Buat cadangan sebelumnya jika Anda melakukan ini karena dapat menghapus file yang tersimpan di hard drive Anda.

Anda tidak perlu menginstal ulang Windows secara rutin, tetapi Anda dapat melakukannya jika komputer Anda berantakan total dan Anda lebih suka mulai lagi dari awal.

Kredit foto: Microsoft, WinDirStat


URL:https://komputer.whycomputer.com/Perangkat-lunak/101318657.html

Perangkat lunak
  • Cara Memasang Yahoo Messenger Gratis untuk Windows XP

    Pesan instan adalah cara mudah untuk tetap berhubungan dengan teman yang jauh, dan Yahoo! Messenger 9.0 adalah salah satu cara untuk tetap berkomunikasi. Sangat mudah untuk mengunduh versi gratis Yahoo! Messenger 9.0 untuk pengguna Microsoft Windows XP. Ikuti lima langkah sederhana ini untuk men

  • Cara Menemukan File Duplikat di Komputer Anda

    File yang kedaluwarsa dan duplikat dapat memakan banyak ruang pada hard drive Anda jika Anda tidak melakukan pemeliharaan file rutin untuk menghapusnya secara teratur. Ini dapat tumbuh menjadi masalah besar, buang-buang ruang jika file Anda dicadangkan dan file arsip lama tidak secara otomatis d

  • Cara Membuka File EXE di Mac

    Satu masalah dengan pindah dari PC ke komputer Macintosh adalah sebagian besar perangkat lunak dirancang untuk berjalan hanya di Windows. Sejak 2007, pengguna Mac telah dapat menggunakan fitur Boot Camp OS X untuk menyisihkan bagian Windows yang berdedikasi pada hard drive mereka, tetapi untuk i

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com