whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Perangkat lunak

Karakteristik MS-DOS

MS-DOS adalah sistem operasi yang dibuat oleh Microsoft pada tahun 1982 untuk dijalankan pada sistem X86 dan merupakan sistem operasi yang dominan di pasaran hingga munculnya Windows. Microsoft menghasilkan beberapa versi berbeda dari OS yang memuncak dengan versi 6.22 pada tahun 1994, tetapi Windows masih membawa versi yang diperbarui dari kode sebagai antarmuka baris perintah. Banyak karakteristik sistem operasi yang bertahan hingga sistem modern dan memengaruhi desain OS bahkan hingga hari ini.

Antarmuka Baris Perintah

MS-DOS menggunakan antarmuka baris perintah, memaksa pengguna untuk memasukkan perintah saat diminta. Set perintah untuk DOS terbatas. Ini terutama terdiri dari perintah navigasi dan manipulasi file. Sebagian besar operasi kompleks ditangani oleh program itu sendiri. Karena pengguna harus memasukkan perintah secara berurutan, mereka dapat membuat file batch, yang merupakan file teks yang mencantumkan serangkaian perintah yang akan dijalankan oleh OS. Salah satu contoh umum dari ini adalah AUTOEXEC.BAT, file batch yang OS jalankan saat boot pertama dan berisi perintah untuk mengatur lingkungan komputasi.

Tugas Tunggal

Karena Microsoft bermaksud MS-DOS untuk berjalan pada PC awal tanpa banyak cara RAM, MS-DOS tidak memiliki kemampuan untuk program untuk melakukan banyak tugas. Ketika pengguna menjalankan suatu program, program itu menghabiskan sumber daya sistem sampai berhenti, dan kemudian program lain dapat mengakses memori. Beberapa jenis program yang disebut TSR, untuk Terminate and Stay Resident, dapat memarkir diri mereka dalam memori, tetapi program ini rentan terhadap memori yang tumpang tindih dan sering macet. Versi pertama Windows memperkenalkan multitasking yang sebenarnya ke PC.

Nama File

Salah satu ciri khas MS-DOS adalah sistem penamaan file "8 + 3" -nya. Nama file dibatasi hingga delapan karakter, dengan akhiran tiga karakter yang menunjukkan jenis file. Misalnya, TXT dan DOC menunjukkan file teks, sementara COM dan EXE menunjukkan file executable dan SYS dicadangkan untuk file sistem. Sejak itu Windows telah menghilangkan batas delapan karakter, meskipun sufiks file masih menunjukkan ke OS bagaimana menangani setiap jenis file, dan banyak sufiks asli dari awal MS-DOS masih ada.

Drive Letters

Karakteristik lain yang menonjol dari MS-DOS adalah penggunaan huruf untuk merujuk ke drive. Biasanya, A dan B menunjuk drive floppy, sedangkan C dan yang lainnya dalam alfabet mengacu pada hard drive atau drive optis. Pengguna memiliki kemampuan untuk memetakan huruf drive apa pun yang mereka inginkan, meskipun biasanya mereka akan menetapkannya dalam urutan abjad. Saat ini, Windows masih menggunakan huruf drive, dan masih mencadangkan A dan B secara default, terlepas dari kenyataan bahwa PC modern biasanya tidak mengandung floppy drive.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Perangkat-lunak/101313138.html

Perangkat lunak
  • "MP3 Downloading Instructions

    , 3, [[ File MP3 adalah file musik digital terkompresi. File MP3 umumnya tersedia di Internet untuk diunduh ke komputer Anda atau mentransfer ke pemutar audio seperti iPod atau perangkat musik lainnya. Mengunduh dan menyimpan file MP3 ke komputer Anda hanya memerlukan beberapa langkah. Situ

  • Konversi File Apple ke PC

    Komputer Apple (juga dikenal sebagai Macintosh atau Mac) dan komputer Windows (umumnya disebut PC) telah lama tetap berada di sisi yang berlawanan dari pagar sejauh kompatibilitas file berjalan. Meskipun platform yang berbeda ini masih tidak dapat berbagi program yang sebenarnya, kami telah menempuh

  • Konversi PDF ke Raster

    PDF (format dokumen portabel) adalah format enkapsulasi untuk seni berbasis vektor dan raster, serta font, teks, dan informasi lainnya. Ada saat-saat ketika diperlukan untuk melakukan konversi raster dari suatu PDF, biasanya untuk mengutip sebagian dari karya seni itu untuk menandai grafis web.

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com