whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Perangkat lunak

Cara Memperbaiki Blue Screen of Death pada Windows XP

Blue Screen of Death, atau BSOD, terjadi ketika perangkat keras serius atau kesalahan kernel Windows mencegah sistem operasi agar tidak berfungsi secara normal. Sistem berhenti untuk mencegah kerusakan lebih lanjut, dan Anda disajikan dengan layar yang diisi dengan teks diagnostik putih yang seringkali sulit diuraikan. Menginstal buggy atau driver yang salah sering menyebabkan BSOD, seperti halnya kegagalan hard drive dan file sistem operasi yang rusak. Terkadang, lonjakan daya sederhana dapat menyebabkan sistem Anda berhenti.

Langkah 1
Saat Anda melihat BSOD, lihat baris ketiga teks dari bagian atas layar untuk menentukan mengapa sistem Anda dihentikan atau tidak bisa boot secara normal. Salah satu alasan umum adalah "volume boot yang tidak dapat di-mount," yang dapat mengindikasikan masalah dengan hard disk Anda atau struktur file di dalamnya. Masalah umum lainnya adalah "Halaman salah di area non-paged," yang mungkin mengarah ke data yang rusak pada hard drive Anda atau gagal modul memori. Jika ada driver perangkat keras tertentu yang disebutkan, catat ini juga.

Langkah 2
Matikan komputer dan cabut kabel daya dari dinding. Tekan dan tahan tombol daya selama beberapa detik untuk melepaskan daya sisa dari motherboard. Biarkan sistem duduk selama 10 menit. Lonjakan daya kecil kadang-kadang menyebabkan BSOD, dan membiarkan sirkuit keluar selama beberapa menit dapat menyelesaikan masalah.

Langkah 3
Hubungkan kembali kabel daya, dan reboot komputer. Ketuk "F8" berulang kali hingga Anda masuk ke menu opsi boot Windows. Pilih "Safe Mode" dan tekan "Enter."

Langkah 4
Masuk menggunakan akun administrator dan kata sandi.

Langkah 5
Hapus instalasi perangkat keras atau perangkat lunak yang baru ditambahkan jika BSOD terjadi segera setelahnya.

Langkah 6
Klik tombol "Start" Windows, pilih "Run," ketik "eventvwr" (tanpa tanda kutip di sini dan di seluruh) dan tekan "Enter."

Langkah 7
Klik "Sistem" dan klik tajuk kolom "Sumber" untuk mengatur item dalam kategori itu dalam urutan abjad.

Langkah 8
Cari kesalahan atau peringatan di bawah sumber "disk." Jika Anda melihat ada, hard drive Anda mungkin gagal.

Langkah 9
Klik tombol "Start" Windows, pilih "Run," ketik "cmd" dan tekan "Enter" untuk membuka perintah jendela prompt.

Langkah 10
Ketik "chkdsk /r" dan tekan "Enter:"

Langkah 11
Tekan "Y," tekan "Enter," ketik "keluar ”Dan tekan" Enter "untuk menutup jendela.

Langkah 12
Reboot komputer Anda dan izinkan [Periksa utilitas Disk] (https://itstillworks.com/check-disk-utility-5251263. html) untuk dijalankan. Utilitas Windows ini memeriksa kesalahan pada hard drive Anda dan memperbaiki bad sector dan kesalahan sistem file. Proses ini mungkin memakan waktu satu jam atau lebih.

Langkah 13
Masuk ke Windows menggunakan akun administrator.

Langkah 14
Klik tombol "Mulai" Windows, pilih " Jalankan, "ketik" eventvwr "dan tekan" Enter. " Klik log "Aplikasi".

Langkah 15
Klik "Waktu" untuk mengatur item dalam urutan kronologis, dimulai dengan yang terbaru.

Langkah 16
Klik dua kali log terbaru yang mencantumkan "Winlogon" sebagai sumbernya. Ini adalah laporan Periksa Disk Anda.
Tinjau informasi di bidang Deskripsi. Jika log mencatat ada bad sector, pertimbangkan untuk mengganti hard drive Anda sesegera mungkin, bahkan jika Disk Periksa mampu memperbaikinya. Bad sektor kadang-kadang adalah gejala dari kegagalan hard drive yang akan datang.

Tips
Jika Anda menerima pesan kesalahan halaman dan baru-baru ini mengganti modul memori Anda, coba lepaskan modul dan letakkan kembali di slotnya.
Jika Anda tidak dapat menemukan bukti masalah perangkat keras, dan Anda belum menginstal perangkat keras, perangkat lunak, atau driver perangkat baru apa pun, masalahnya mungkin ada pada instalasi Windows. Cadangkan data Anda dan instal ulang Windows.

Peringatan

  • Windows juga dapat berhenti jika sistem Anda terlalu panas. Pastikan tidak ada lubang ventilasi komputer Anda yang tertutup, dan bersihkan wadah komputer Anda secara teratur dengan udara kalengan, terutama jika Anda memiliki hewan peliharaan.


    URL:https://komputer.whycomputer.com/Perangkat-lunak/101301704.html

  • Perangkat lunak
    • Cara Memperbaiki Masalah Tanpa Suara di Windows XP

      Di Windows XP, masalah suara dapat dikaitkan dengan driver suara yang salah atau rusak dan masalah dengan pemutar media digital. Masalah suara yang umum juga disebabkan oleh sistem speaker eksternal yang terhubung secara tidak benar. Jika Anda tidak dapat mendengar suara dari speaker atau headph

    • Cara Memperbaiki Jam di Windows XP

      Sistem operasi Microsoft Windows XP dilengkapi dengan jam sistem untuk tampilan waktu dan tanggal yang mudah. Setelah mengarahkan mouse dari waktu ke waktu di sudut kanan bawah layar, Windows XP akan menampilkan waktu dan tanggal untuk pengguna di baki sistem Windows. Jika jam Windows XP Anda me

    • Cara Memperbaiki Pembaruan Windows atau Windows yang Rusak

      Sementara metode penyimpanan berbasis magnetis seperti hard drive cukup dapat diandalkan, kerusakan file dapat terjadi, baik oleh virus, kegagalan perangkat keras, atau degenerasi peralatan. Saat korupsi file menyerang file sistem inti Windows atau file Pembaruan Windows Anda, Anda sebaiknya men

    Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com