whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Perangkat keras

Tanda & Gejala Kecelakaan BIOS

Komputer adalah mesin yang sangat kompleks. Ketika perangkat keras mulai gagal atau rusak, banyak gejala yang berbeda mungkin muncul, namun tidak semuanya langsung mengarah ke masalah yang sebenarnya. Masalah perangkat keras dapat menyebabkan pesan kesalahan yang tidak dapat dijelaskan, kinerja buruk dan perangkat tidak berfungsi dengan benar atau tidak muncul sama sekali. Ketika komponen perangkat keras sangat penting bagi operasi dasar komputer karena BIOS gagal, komputer dapat menolak untuk melakukan boot.

BIOS

BIOS singkatan dari input dasar sistem keluaran. Ini adalah hal pertama yang diakses komputer saat dihidupkan. BIOS memberi tahu komputer semua informasi yang diperlukan untuk menjalankannya: informasi seperti memori, perangkat keras, dan pengaturan prosesor dasar. Proses boot-up yang digunakan BIOS disebut POST. BIOS berada dalam chip ROM (Read Only Memory) yang dipasang langsung pada motherboard. Dalam kebanyakan kasus, chip BIOS dipasang di soket yang dapat dilepas sehingga dapat diganti. Informasi dalam BIOS sering dapat diperbarui dan diubah dengan melakukan operasi yang disebut flash.

Gejala

Karena BIOS adalah hal pertama yang diakses komputer saat booting , gejala kerusakan atau kerusakan BIOS biasanya akan terlihat selama POST. Anda mungkin melihat pesan kesalahan aneh atau perangkat keras mungkin tidak dikenali dengan benar. Gejala lain dari masalah BIOS adalah RAM komputer, biasanya dihitung selama POST, tidak dihitung dengan benar atau menghasilkan pesan kesalahan selama penghitungan. Gejala paling umum dari kerusakan atau kerusakan BIOS adalah BIOS hanya menolak untuk POST. Jika komputer menyala tetapi tidak bisa boot lebih jauh, Anda mungkin memiliki masalah BIOS.

Pemecahan Masalah

Masalah dengan BIOS dapat diperbaiki dengan memeriksa pengaturan di menu pengaturan BIOS. Ini dapat diakses selama POST dengan menekan tombol pengaturan, biasanya "F2" atau tombol "DELETE", ketika diminta. Kemampuan untuk mengakses pengaturan BIOS umumnya akan menunjukkan bahwa BIOS berfungsi dengan baik. Periksa pengaturan BIOS untuk memastikan bahwa pengaturan yang salah tidak menyebabkan masalah. Anda juga dapat mencoba melakukan reset BIOS dengan mengubah jumper yang benar pada motherboard. Lihat dokumentasi untuk komputer atau motherboard spesifik Anda untuk instruksi bagaimana melakukan reset ini. Jika Anda baru saja mencoba flash BIOS, maka flash tersebut mungkin telah merusak BIOS. Mencoba flash lagi biasanya akan menimpa data yang rusak dari flash sebelumnya dan memperbaiki masalah. Akhirnya, pada banyak motherboard, chip BIOS dapat diganti sebagai upaya terakhir jika chip itu sendiri buruk.

Peringatan

Kecuali masalah terkait langsung dengan yang terbaru BIOS flash, kemungkinan chip BIOS menjadi penyebab masalah sangat rendah. Tanda dan gejala kerusakan atau kerusakan BIOS identik dengan yang disebabkan oleh kegagalan perangkat keras lain seperti memori atau motherboard. Cobalah untuk mengesampingkan kegagalan perangkat keras tertentu sebelum memecahkan masalah BIOS.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Perangkat-keras/101313152.html

Perangkat keras
  • Cara Mencegah Kecelakaan Komputer

    Anda melihat layar biru kematian dan ingin menangis, mengetahui pekerjaan yang terlibat dalam memperbaiki komputer Anda. Alih-alih menghadapi perbaikan komputer, tetap nyalakan dan jalankan komputer Anda dengan menghindari masalah umum yang dapat menyebabkan komputer macet dan terbakar. Mencegah

  • Cara Melakukan Flash pada BIOS

    Chip Basic Input Output System (BIOS) terletak pada motherboard dan berisi instruksi dasar yang mengatur bagaimana komputer Anda berkomunikasi dengan perangkat kerasnya sendiri dan perangkat terpasang lainnya. Jika Anda ingin menambahkan fitur tambahan ke komputer Anda, seperti dukungan untuk teknol

  • Cara Memulihkan Phoenix BIOS

    Meskipun sebagian besar orang berpikir sistem operasi adalah perangkat lunak inti yang diperlukan untuk menjalankan sebuah komputer, tanpa BIOS komputer, maka sistem operasinya bahkan tidak dapat diluncurkan. Ketika instalasi BIOS mengalami masalah, hal itu dapat menyebabkan komponen komputer tidak

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com