whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Perangkat keras

Tanda & Gejala Kegagalan GPU Komputer

Unit pemrosesan grafik di komputer menangani tugas yang terkait dengan tampilan visual dan dapat menjadi bagian dari kartu khusus atau terintegrasi dengan motherboard. Seperti komponen komputer lainnya, GPU dapat mengalami ketegangan saat berada di bawah beban berat atau overclock. Indikasi bahwa GPU mencapai akhir masa pakainya biasanya mencakup anomali visual, ketidakstabilan dan kinerja yang buruk bersama dengan peningkatan kebisingan kipas. Karena masalah ini juga dapat disebabkan oleh faktor lain, penting untuk menguji komputer dengan GPU yang berbeda untuk mengonfirmasi bahwa masalah tersebut tidak disebabkan oleh masalah perangkat keras atau driver yang salah.

Peningkatan Kipas Suara
Kartu video modern memerlukan kipas untuk mendinginkan GPU, dan perangkat lunak driver sering menentukan kecepatan secara otomatis. Kartu video menghasilkan lebih banyak panas saat berada di bawah beban berat, sehingga Anda biasanya dapat mendengar kecepatan kipas meningkat ketika Anda menjalankan aplikasi intensif 3-D atau video HD. Jika kecepatan kipas meningkat secara acak atau tetap keras bahkan ketika sistem tidak melakukan sesuatu yang intensif sumber daya, itu bisa menjadi indikasi bahwa GPU terlalu panas. Pastikan kartu video tidak memiliki debu yang dapat menyebabkan penumpukan panas, dan gunakan utilitas pemantauan suhu GPU untuk memeriksa panas berlebih. Masalah ini lebih umum pada kartu video khusus karena GPU terintegrasi biasanya hanya memiliki pendingin untuk pendinginan.

Gangguan dan Penguncian
GPU menangani perhitungan intensif terkait fungsi 3-D dan rendering video definisi tinggi untuk mengurangi beban pada CPU. GPU yang gagal atau rusak biasanya macet ketika menjalankan aplikasi 3-D seperti game atau ketika mencoba untuk memutar video HD. Gejala dapat termasuk komputer me-reboot atau mengunci dan memerlukan pengaturan ulang yang sulit ketika Anda mencoba menjalankan aplikasi 3-D. Komputer Anda juga dapat menampilkan layar biru yang menyatakan bahwa telah terjadi kesalahan dan Windows harus memulai ulang.

Performa dan Ketidakstabilan Berkurang
Dalam beberapa kasus, kinerja dan stabilitas GPU terganggu, dan bukannya langsung menerjang atau membeku, Anda mengalami kesalahan yang terputus-putus. Hasilnya dapat berupa penurunan yang tidak dapat dijelaskan atau frame rate yang rendah dalam aplikasi 3-D yang tidak terjadi sebelumnya. Anda mungkin juga mengalami permainan macet dengan pesan kesalahan bahwa driver tampilan telah dipulihkan. Perbarui driver kartu video Anda atau kembalikan ke rilis sebelumnya yang lebih stabil jika Anda baru-baru ini memperbarui ke driver terbaru, dan periksa apakah masalahnya masih ada.

Anomali Visual
GPU menangani tugas render untuk intensif secara grafis program, jadi jika itu tidak dapat melakukan lagi, anomali visual seperti artefak, gambar yang berkedip dan tampilan kosong dapat mulai muncul. Jika Anda melihat warna yang salah pada visual atau garis muncul di layar, itu bisa menjadi indikasi bahwa GPU gagal. Pastikan kartu grafis terpasang dengan benar dan semua kabel tersambung untuk memastikan bahwa masalah ini tidak bertanggung jawab atas anomali visual.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Perangkat-keras/101312123.html

Perangkat keras
  • Apa Yang Terjadi Ketika Anda Melakukan Pemulihan Sistem pada Komputer?

    Pemulihan Sistem dapat menjadi penyelamat nyata jika Anda baru saja menginstal perangkat lunak baru atau driver perangkat keras baru yang membuat sistem Anda tidak stabil atau tidak dapat digunakan sama sekali. Pemulihan Sistem seperti mesin waktu untuk komputer Anda, di mana pengguna dapat memulihk

  • Manfaat Perawatan Komputer

    Seperti halnya perawatan pada mobil, rumah, atau bahkan tubuh Anda sendiri, perawatan komputer rutin dapat memberikan manfaat luar biasa sekaligus menghemat waktu dan uang. Ada beberapa tugas perawatan yang mudah dilakukan dan dapat dikelola oleh siapa saja yang memiliki pengetahuan komputer dasar.

  • Cara Mendaftar Dell Computer saya

    Michael Dell mendirikan Dell Corporation pada tahun 1984 di Austin, Texas. Perusahaan memproduksi komputer desktop dan laptop yang dibuat berdasarkan pesanan atau yang dikonfigurasi berdasarkan pesanan. Model bisnis ini memungkinkan Dell menghemat uang pada biaya persediaan dan memusatkan perhatian

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com