whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Jaringan

Apa Itu Port Pendengar?

Port adalah alamat untuk suatu program saat data bergerak dari satu komputer ke komputer lain melalui jaringan. Sama seperti komputer memiliki alamat, begitu juga program. Nomor port adalah cara cepat untuk memberi tahu program jaringan menerima data aplikasi mana yang harus menerimanya. Aplikasi tersebut berjalan terus-menerus menunggu data untuk memicu tindakan. Status menunggu ini disebut mendengarkan.

Komunikasi Jaringan
Konsep port secara khusus berkaitan dengan data yang ditransfer melalui jaringan oleh rangkaian protokol TCP /IP. TCP /IP adalah singkatan dari Transmission Control Protocol /Internet Protocol. Serangkaian standar menjelaskan bagaimana data harus dikemas dan ditangani untuk mencapai tujuan mereka. Ini melibatkan membagi data menjadi segmen dan kemudian menempatkan setiap segmen data dalam struktur yang disebut paket. Paket memiliki header di mana protokol jaringan menyimpan informasi untuk rekan penerima mereka. Header terakhir yang masuk ke paket adalah header IP, yang berisi alamat komputer tujuan. Header ini berada di depan header transport, yang merupakan tempat nomor port dari aplikasi penerima ditulis.

Transport Protocols
Dua protokol transport alternatif dalam TCP /IP adalah Transmission Control Protocol dan Protokol Datagram Pengguna. Kedua protokol ini menangani nomor port. Mereka mengemas data dan menempatkan nomor port di header. TCP membuat koneksi dengan rekanannya dan memelihara koneksi itu sepanjang sesi. Protokol mendefinisikan bagaimana paket data diurutkan sehingga program penerima dapat mengetahui urutan untuk merakit kembali data. UDP adalah alternatif ringan yang biasanya digunakan oleh aplikasi multimedia. Port dikenal dengan angka tetapi juga oleh protokol transport, dan ada port yang disebut TCP 25 dan satu yang disebut UDP 25. Ini bukan port yang sama.

Port Terkenal Dikenal
Sejumlah aplikasi memiliki nomor port yang disediakan untuk mereka. Alokasi ini disebut "port terkenal" dan daftar ini dikelola dan didistribusikan oleh Internet Assigned Numbers Authority, yang lebih dikenal sebagai IANA. Programmer yang mengirim data ke port tertentu tidak dapat mengharapkan program lain untuk mengambil data itu. Misalnya, tidak ada titik pengiriman data ke port 21, yang terdaftar untuk protokol Transfer File, berharap Kerberos akan mengambilnya, karena Kerberos mendengarkan pada port 88.

Prosedur Penerimaan
Jaringan perangkat lunak di komputer penerima melepaskan header dan merakit kembali data, sebelum meneruskannya ke aplikasi yang terkait dengan nomor port yang tertulis dalam header paket. Aplikasi itu harus berjalan untuk menerima data. Dengan banyak aplikasi, penerimaan data adalah proses interaktif, dengan aplikasi yang sesuai pada setiap pesan komputer bolak-balik selama sesi berlangsung.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Jaringan/101307524.html

Jaringan
  • Apa Serangan Port Scan pada Komputer?

    Jaringan internet menggunakan konsep port untuk membedakan berbagai program, atau layanan, yang terletak di alamat IP yang sama. Misalnya, komputer dapat menjalankan server Web dan server FTP secara bersamaan menggunakan port 80 dan 21, masing-masing. Serangan port scan terjadi ketika satu komputer

  • Apa Port DVI-D & Apa fungsinya?

    Lihatlah bagian belakang komputer Anda: Ini mungkin terlihat seperti mainan anak-anak. Berikut adalah serangkaian lubang berbentuk lucu, dan terserah Anda untuk memasang beberapa pasak. Hanya dengan komputer, pasak itu mahal - hal-hal seperti monitor HD, yang terhubung ke komputer Anda menggunak

  • Apa Itu Anti Peretasan?

    Dalam konteks keamanan komputer, peretasan mengacu pada membobol sistem komputer untuk mencuri data atau mengganggu sistem dengan cara tertentu. Anti-Hacking adalah istilah umum yang diberikan untuk melindungi sistem komputer dari intrusi oleh individu atau kelompok yang tidak berwenang. Ini dapat m

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com