whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Internet

Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan

Sistem informasi manajemen perpustakaan juga dapat disebut sistem manajemen perpustakaan (LMS) atau sistem perpustakaan terintegrasi (ILS). Ini adalah sistem yang memanfaatkan teknologi informasi (TI) untuk melaksanakan tujuan manajerial. Tujuan utama sistem informasi manajemen perpustakaan adalah untuk menyimpan, mengatur, berbagi, dan mengambil informasi penting yang diperlukan untuk menjalankan fungsi operasional harian perpustakaan.

Fungsi
Sistem manajemen perpustakaan (LMS) ) melibatkan tiga elemen dasar: perangkat keras, perangkat lunak, dan pengguna. LMS adalah jaringan komputer yang menggunakan program tertentu untuk memfasilitasi fungsi teknis perpustakaan. Salah satu fungsi tersebut adalah katalog elektronik. Dengan LMS, pengguna perpustakaan dapat melacak buku yang diinginkan secara elektronik tanpa harus melalui rak. LMS juga memfasilitasi proses peminjaman dengan menyimpan catatan barang yang dipinjamkan dan informasi peminjam. LMS mendukung tugas administratif lainnya seperti inventaris dan pemrosesan data.

Manfaat
LMS menjadikan tugas perpustakaan sehari-hari lebih efisien. Ini berarti lebih banyak pekerjaan dapat dilakukan dalam waktu yang lebih singkat. Akibatnya, ini mengurangi biaya operasional. Ini juga meminimalkan dokumen dan tugas-tugas manual, sehingga memungkinkan personil perpustakaan untuk berkonsentrasi pada hal-hal lain seperti interaksi dengan pengguna. LMS juga memperkuat loyalitas dan kepuasan pengguna karena menyediakan layanan perpustakaan yang cepat dan andal.

Kekurangan
Perpustakaan mungkin perlu mengubah LMS mereka sesekali untuk menghindari tertinggal di belakang teknologi. Meskipun tujuan akhir sistem manajemen perpustakaan meliputi pemotongan biaya, mendirikan sistem baru pada awalnya membutuhkan sejumlah besar uang dan sumber daya. Perpustakaan tidak hanya membayar untuk perangkat lunak tetapi juga dapat menghabiskan untuk komputer baru, instalasi, hosting, dan pemeliharaan. Selain itu, perpustakaan harus merekrut atau melatih tim pendukung TI untuk menangani gangguan jaringan komputer. Seiring LMS menjadi lebih canggih dan mahal, mungkin ada lebih sedikit kebutuhan untuk staf perpustakaan tradisional, yang mengarah pada penurunan kesempatan kerja di industri.

Karakteristik
Ada beberapa paket dan pemasok LMS di pasar. Sistem LMS yang luar biasa harus sederhana, mudah digunakan dan tidak memerlukan pengetahuan IT yang mendalam untuk memanipulasi. Sistem harus mudah dipasang dan dirawat. Tren baru melibatkan memiliki sistem berbasis web di mana perangkat lunak tidak perlu diinstal pada setiap komputer tetapi diakses dari satu host atau sumber. Ini memusatkan operasi dan menyerahkan tanggung jawab pemeliharaan kepada pemasok.

Tantangan
Saat ini, perpustakaan menghadapi tantangan untuk tetap relevan dengan pengguna. Konsep perpustakaan yang tinggal di satu ruang tetap perlahan berkembang. Karena teknologi, pengguna dapat memperoleh informasi dari sumber alternatif. Perpustakaan harus lebih kompetitif dalam hal memperluas layanan. LMS dapat memainkan peran penting dalam mengatasi tantangan ini. LMS dapat memberikan informasi terintegrasi yang dapat menjadi dasar untuk mengevaluasi apa yang diinginkan pengguna. Ini juga bisa menjadi alat untuk mengimplementasikan ide-ide baru yang akan meningkatkan pengalaman perpustakaan pengguna.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Internet/101303142.html

Internet
  • Cara Memperbaiki Dynamic Link Library

    File perpustakaan tautan dinamis adalah bagian dari sistem operasi Windows. Memperbaiki file DLL diperlukan di mana mereka telah diubah melalui kesalahan pengguna, masalah perangkat keras atau program jahat. Selesaikan ini dengan menggunakan fitur Pemulihan Sistem sistem operasi Anda untuk mengembal

  • Contoh Sistem SAP ERP

    Sistem SAP ERP memiliki fungsi terintegrasi, seperti akses dan pelaporan informasi khusus, untuk membantu setiap aspek bisnis. Ini menawarkan platform yang komprehensif dan membahas masalah-masalah mengenai proses bisnis utama termasuk manajemen hubungan pelanggan, manajemen hubungan pemasok, ma

  • Informasi tentang Komputer Desktop

    Komputer desktop membawa daya komputasi ke bisnis kecil dan rumah pribadi. Meskipun mesin-mesin ini berkembang biak selama 1980-an dan 1990-an, mereka adalah hasil dari sejarah panjang inovasi teknologi. Sejarah Pengembangan komputer desktop, menurut organisasi Sejarah PC, berasal dari 1971

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com