whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Media

Cara Menguji Blac Capacitor pada Xbox

 

Item yang Anda butuhkan

  • Panjang dowel atau stick, berdiameter ¼-inci


  • Obeng Phillips # 2

  • Obeng obeng atau flathead

  • Obeng set perhiasan

  • Tali pergelangan tangan anti-statis

  • Matras anti-statis atau tas anti-statis besar

  • Kaca pembesar

  • Multimeter (model analog lebih disukai daripada jenis digital )


    Dengan perawatan yang tepat, konsol Xbox Anda akan memberi Anda kenikmatan selama bertahun-tahun. Namun, beberapa batch konsol Xbox dan Xbox 360 asli telah melaporkan masalah kapasitor rusak yang bocor atau meledak, menyebabkan motherboard gagal. Jika Anda mengalami masalah dengan Xbox Anda mati tiba-tiba atau tidak bisa boot, kapasitor yang buruk mungkin penyebabnya. Dengan menggunakan beberapa alat tangan sederhana, Anda dapat menghapus motherboard Xbox dan memeriksa kapasitornya untuk menentukan apakah itu masalahnya.

    Hapus Motherboard

    Matikan Xbox jika Anda belum melakukannya. Lepaskan kabel daya dan kabel lain dari Xbox, lalu letakkan konsol di atas permukaan kerja yang bersih dan rata. Dengan menggunakan kedua tangan Anda, pegang pelat muka di kedua sisi dan cungkil dengan lembut.

    Masukkan dowel atau tongkat ke salah satu lubang cincin putih di tepi kanan muka depan Xbox. Terus tekan ke dalam dowel sampai Anda melepaskan tab pengunci sisi kanan untuk pelat penutup Xbox. Setelah melepaskan tab pengunci dengan dowel, gunakan obeng penusuk atau flathead untuk mencungkil pelat samping. Ulangi proses ini untuk melepaskan tab pengunci sisi kiri dan lepaskan pelat samping lainnya.

    Lepaskan pelat sisi dalam kiri dan kanan dengan menggunakan obeng penusuk atau flathead untuk mencungkilnya dari dinding sasis luar.

    Gunakan obeng Phillips # 2 untuk melepaskan semua sekrup penahan di samping dan belakang casing Xbox. Tarik keluar penutup depan bagian dalam untuk melepaskannya dari sasis Xbox.

    Lepaskan sekrup di kedua sisi drive DVD di Xbox menggunakan obeng perhiasan. Putuskan sambungan kabel daya dan pita dari drive DVD, lalu geser unit keluar dari tempatnya.

    Klipkan ujung logam dari tali pergelangan tangan anti-statis ke sasis Xbox, lalu geser ujung lainnya ke atas pergelangan tanganmu. Lepaskan koneksi semua kabel daya dan konektor kabel pita dari motherboard. Lepaskan delapan atau sepuluh sekrup yang menahan motherboard ke bagian bawah sasis Xbox. (Beberapa motherboard Xbox memiliki delapan sekrup, sementara yang lain memiliki sepuluh sekrup.)

    Lepaskan motherboard, dan letakkan menghadap ke atas pada tikar atau tas anti-statis.

    Memeriksa dan Menguji Kapasitor

    Periksa kapasitor pada motherboard Xbox apakah ada tanda-tanda menggembung atau bocor dengan kaca pembesar. Meskipun inspeksi visual tidak mengungkapkan masalah pengisian atau kontinuitas dengan kapasitor, namun hal itu menunjukkan masalah yang jelas. Jika motherboard memiliki kapasitor menggembung atau bocor, mereka pasti rusak dan membutuhkan penggantian.

    Nyalakan multimeter, dan sambungkan kabel ke lubang atau terminal negatif dan positif. Atur pemutar pada multimeter ke "Ohms" atau "Resistance." Jika multimeter memiliki sakelar atau kenop skala, atur ke pengaturan Ohm tertinggi (biasanya diwakili oleh simbol Omega.)

    Sentuh kabel positif dan negatif dari kabel multimeter ke kaki-kaki kapasitor jika terbuka di atas motherboard. Jika kapasitor rata pada motherboard dan kaki-kakinya tidak dapat diakses, perhatikan posisi kapasitor. Balikkan motherboard sehingga Anda dapat melihat jejak timah di mana kaki masuk ke motherboard. Setelah Anda menyentuh kedua kabel pada dua kaki atau kabel bekas solder, pegang keduanya di sana selama sekitar tiga hingga lima detik untuk mengisi daya kapasitor. Saat mengisi kapasitor, Anda harus melihat jarum pada multimeter bergerak sedikit.

    Membalikkan lead pada kaki atau melacak lead dengan cepat. Perhatikan perubahan resistansi pada grafik jarum multimeter. Jika kapasitor tidak rusak, jarum harus turun hampir nol dan kemudian naik dengan sangat cepat. Dalam kebanyakan kasus, jarum harus naik setidaknya ke level 20.000-Ohm atau 20k-Ohm.

    Membalikkan lead pada kaki atau melacak lead dengan cepat. Sekali lagi, resistensi harus turun hampir ke nol dan naik kembali dengan cepat saat kapasitor habis. Jika kapasitor lulus kedua tes, kemungkinan besar baik-baik saja dan tidak cacat.

    Tips

    Dalam sebagian besar kasus, kapasitor tidak apa-apa jika mereka lulus tes visual dan uji resistensi. Namun, metode di atas tidak memberikan uji lengkap kapasitor. Pengujian menyeluruh kapasitor tanpa terlebih dahulu melepasnya dari motherboard tidak dimungkinkan dalam banyak kasus.

    Mungkin untuk menguji resistansi kapasitor dengan multimeter digital. Namun, angka pada tampilan multimeter digital dapat berubah sangat cepat sehingga hampir tidak mungkin untuk mengetahui apakah kapasitor dilepaskan dengan benar.

    Peringatan

    Anda hanya dapat melakukan tes terbatas pada kapasitor. masih disolder ke motherboard. Akibatnya, tes yang dilakukan dengan multimeter mungkin tidak mengungkapkan semua kapasitor yang buruk. Kapasitor yang melakukan uji oke dengan multimeter mungkin tidak berkinerja dengan kapasitas penuh saat digunakan. Untuk menguji kapasitor secara menyeluruh, Anda harus desolder dan melepaskannya dari motherboard, dan kemudian mengujinya dengan ESR, atau meteran seri yang setara,
    .

    URL:https://komputer.whycomputer.com/Media/101315920.html

  • Media
    • Cara Menguji Kapasitor TV

      Kapasitor adalah komponen listrik yang ditemukan di hampir semua perangkat listrik. Digunakan untuk menyaring atau menyimpan muatan listrik, kapasitor dapat mengalami kegagalan seiring waktu dan menyebabkan TV mereka mengalami kegagalan fungsi. Mengganti kapasitor yang rusak lebih murah daripada men

    • Cara Menguji Kamera Anda untuk Skype

      Sebelum membuat panggilan video di Skype, webcam Anda harus terhubung dan dikonfigurasi dengan benar untuk mendukung panggilan video. Menggunakan pengaturan program Skype, Anda dapat memverifikasi status kamera Anda dan memastikan bahwa Skype dapat mendeteksinya. Setelah diverifikasi, Skype memb

    • Cara Mengunduh Games XBox 360 Gratis

      Item yang Anda butuhkan Xbox 360 Akses Internet Xbox 360 memungkinkan pengguna untuk mengunduh sejumlah besar game dan demo secara gratis. Xbox Live memiliki dua jenis akun. Akun Silver sepenuhnya gratis dan memungkinkan permainan dan demo diunduh. Beberapa game penuh, seperti Aegis Win

    Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com