whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Internet

Cara Memverifikasi jika Sumber Kredibel di Internet

Internet adalah jaringan informasi elektronik publik yang luas. Banyak situs web komersial, akademik, dan pemerintah menyediakan akses ke informasi, layanan, produk, undang-undang, dan saran. Tidak ada sistem checks and balances yang tersedia untuk memastikan pengguna keakuratan informasi yang ditemukan di Internet. Jutaan orang berkontribusi terhadap informasi di Internet, yang terus berubah, ditambahkan, dan dihapus. Gunakan metode verifikasi kredibilitas, akurasi, kewajaran dan dukungan (CARS) ketika mengandalkan informasi yang ditemukan di Internet.

Langkah 1
Tentukan kredibilitas dan keandalan informasi dengan mengidentifikasi sumbernya . Teliti nama penulis atau organisasi untuk menentukan apakah itu otoritas yang terkenal dan dihormati dalam subjek penelitian Anda.

Langkah 2
Bandingkan informasi yang diberikan oleh sumber Anda dengan sumber-sumber terpercaya lainnya. Periksa fakta dan data yang disediakan dalam sumber Internet dengan informasi dari sumber tepercaya, seperti lembaga pemerintah dan universitas. Cari presentasi data dan fakta yang lengkap dan komprehensif.

Langkah 3
Baca informasi secara objektif untuk menentukan apakah informasi disajikan secara seimbang, masuk akal, dan tidak memihak. Cari kemungkinan bias dalam informasi yang disajikan dan klaim atau pernyataan yang tampaknya tidak masuk akal. Catat setiap konflik kepentingan yang mungkin memengaruhi asersi oleh penulis.
Cari kutipan yang mendukung klaim dan asersi yang dibuat oleh penulis. Ikuti tautan yang disediakan untuk memverifikasi bahwa kutipan sebenarnya mendukung klaim penulis. Cari setidaknya dua kutipan yang kredibel untuk mendukung informasi.

Kiat
Selalu tindak lanjuti dengan kutipan yang penulis berikan untuk memastikan bahwa pernyataan didukung oleh sumber lain.
Perhatikan penetapan situs web untuk membantu menentukan kredibilitas. ".com" bersifat komersial dan biasanya mencoba memasarkan produk atau layanan. Situs yang diakhiri dengan ".org" biasanya merupakan organisasi nirlaba. Situs badan pemerintah diakhiri dengan ".gov" sementara ".edu" digunakan untuk institusi pendidikan.
Perpustakaan, universitas, dan organisasi profesional biasanya memberikan informasi yang andal.


URL:https://komputer.whycomputer.com/Internet/101306353.html

Internet
  • Cara Menghubungkan Browser Web Anda ke Internet

    Menyambungkan browser Web Anda ke Internet itu mudah. Apa yang dulunya sedikit lebih sulit adalah ramah pengguna dengan setiap pembaruan, dan dengan beberapa klik, Anda akan terhubung ke Internet menggunakan browser Web pilihan Anda. Verifikasi Koneksi Internet Anda Langkah 1 Klik tombol S

  • Cara Melakukan Pencarian Kesombongan di Internet

    Cara Melakukan Pencarian Kesombongan di Internet. Cari nama Anda sendiri di Internet dengan pencarian batil. Cari nama Anda dan cari tahu apa yang mungkin sudah diketahui orang lain tentang Anda. Langkah 1 Temukan situs dengan setidaknya sepuluh mesin pencari yang terdaftar, seperti Squirrel

  • Cara Masuk ke Internet

    Kebanyakan orang yang menggunakan komputer memiliki akses Internet. Komputer biasanya dilengkapi dengan Internet Explorer, yang merupakan salah satu peramban perangkat lunak yang dapat Anda gunakan untuk terhubung ke Internet. Anda juga dapat menggunakan Firefox, Opera, dan Netscape untuk terhubung

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com