whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Telepon

Cara Mengisi Baterai Lipo

Diperkenalkan pada tahun 1996, baterai lithium polimer atau "lipo" adalah variasi dari baterai ion lithium yang dikenal. Desain berbasis polimer menghilangkan casing logam dari baterai lithium tradisional, menjadikannya ringan dan ideal untuk ponsel, PDA, dan perangkat elektronik sejenis. Tidak sulit untuk mengisi baterai lipo, tetapi sangat penting bahwa Anda mengikuti langkah-langkah. Pengisian daya yang tidak tepat dapat menyebabkan baterai menjadi terlalu mahal. Ini tidak hanya akan memperpendek usia baterai lipo, tetapi juga merupakan bahaya kebakaran yang serius.

Langkah 1
Gunakan hanya pengisi daya baterai yang dirancang untuk baterai lithium. Ketika baterai lipo terisi penuh, baterai melakukan penurunan tegangan yang kecil namun khas yang memberitahu pengisi daya untuk dimatikan. Jenis pengisi daya baterai lainnya tidak memiliki fitur ini dan akan membebani baterai polimer lithium secara berlebihan, sehingga menimbulkan bahaya kebakaran. Pengisi daya yang baik juga akan memiliki pembacaan tegangan dan timer sebagai fitur keamanan tambahan.

Langkah 2
Uji tegangan pada setiap sel baterai setiap 8 hingga 10 pengisian daya. Gunakan tester tegangan baterai untuk memeriksa setiap sel secara terpisah. Jika Anda mengisi daya baterai lipo dengan sel yang tegangannya menyimpang dari yang lain sebesar 0,1 volt atau lebih, pengisi daya mungkin tidak mengenali muatan penuh dan terus mengisi daya. Ini dapat menyebabkan baterai kembali menyala atau meledak.

Langkah 3
Masukkan baterai ke dalam pengisi daya dan hidupkan (pastikan sudah dicolokkan). Periksa pembacaan untuk melihat bahwa semua sel baterai sedang diisi. Anda harus mengatur pengisi daya ke 4,20 volt untuk mengisi penuh baterai lipo. Namun, jika Anda menetapkan tegangan sedikit lebih rendah pada 4,10 volt, ini akan memberi Anda 80 persen daya dan sangat memperpanjang usia baterai.

Langkah 4
Berikan waktu yang cukup untuk mengisi baterai lipo. Jika benar-benar habis, Anda mungkin perlu mengisi baterai lipo semalaman, tetapi biasanya 4 hingga 6 jam sudah cukup. Atur timer jika pengisi baterai memiliki satu sebagai tindakan pencegahan keselamatan tambahan. Setelah baterai diisi, matikan pengisi daya dan pasang kembali baterai di perangkat elektronik yang dihidupkannya.
Isi daya baterai lipo hingga 40 persen jika Anda ingin menyimpannya. Mengisi penuh baterai lithium tanpa langsung menggunakannya mempersingkat masa pakainya. Mereka akan kehilangan sebagian besar daya setelah beberapa hari, jadi Anda mungkin ingin secara berkala mengembalikan baterai hingga 40 persen jika Anda membutuhkannya dalam waktu singkat.

Kiat
Tidak seperti alkali atau baterai nikel kadmium, baterai lithium tidak akan rusak jika baterai benar-benar habis. Simpan baterai lipo dari sinar matahari langsung di tempat yang sejuk dan kering. Tempatkan mereka di permukaan yang tidak melakukan atau mereka akan dengan cepat kehilangan muatannya.

Peringatan

  • Jangan biarkan pengisian baterai polimer lithium atau ion tidak dijaga. Kerusakan dapat menyebabkan kebakaran.

    Barang yang Anda butuhkan

  • Pengisi daya baterai lithium Spesifikasi produsen baterai Penguji tegangan baterai


    URL:https://komputer.whycomputer.com/Telepon/101300454.html

  • Telepon
    • Cara Mengisi Baterai Menggunakan Catu Daya DC

      Hampir semua baterai menggunakan daya DC untuk mengisi daya, tetapi sebagian besar mengubahnya dari catu daya AC. Dalam kebanyakan kasus, arus AC 120 volt dijalankan dari stopkontak di dinding menjadi catu daya yang mengubahnya menjadi arus DC tegangan rendah dan arus listrik rendah. Pengisi day

    • Bagaimana Baterai Sel Basah Bekerja?

      Apa itu Baterai Sel Basah? Baterai sel basah dibuat pada tahun 1836 oleh John Frederic Daniell. Penciptaan baterai sel basah adalah salah satu jenis baterai modern pertama yang dikembangkan. Yang pertama rapuh dan tidak dapat bergerak, tetapi berkat modifikasi bertahun-tahun, baterai sel basah tela

    • Cara Melakukan Rekondisi Baterai Laptop

      Seperti semua kemasan baterai isi ulang, baterai laptop pada akhirnya kehilangan kemampuan untuk menahan muatan penuh. Meskipun tidak mungkin untuk membuat unit baterai berfungsi seperti baru lagi (kecuali sel-sel diganti), adalah mungkin untuk meningkatkan kinerja sel dengan merekondisi atau me

    Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com