whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Perangkat keras

Berapa Banyak Radiasi yang Dipancarkan TV?

Perangkat televisi berwarna yang dibuat sebelum tahun 1970-an mengeluarkan sejumlah kecil radiasi sinar-X, yang dihasilkan oleh tegangan tinggi di dalam peralatan. Meskipun berbahaya, itu bukan jenis radiasi yang terkait dengan bahan radioaktif - TV tidak akan membuat Anda bersinar dalam gelap. TV layar datar modern tidak menggunakan tegangan tinggi, meskipun beberapa memiliki komponen yang menghasilkan radiasi ultraviolet. Pembuat TV telah mengambil langkah-langkah untuk mencegah radiasi ini mencapai pemirsa.

Radiasi Sinar-X
Sinar-X biasanya dihasilkan ketika elektron dengan kisaran 20.000 hingga 100.000 volt mencapai target logam; semakin tinggi voltase, semakin berbahaya sinar-X. Paparan sinar X yang berkepanjangan menyebabkan kerusakan pada jaringan hidup dan molekul biologis yang rapuh di dalamnya, kemungkinan mengarah pada luka bakar radiasi, kanker dan efek berbahaya lainnya. Meskipun sinar-X sangat berguna dalam pengaturan medis dan industri, menggunakannya dengan aman melibatkan pemantauan radiasi yang cermat dan penggunaan celemek timbal dan alat pelindung lainnya.

Radiasi Ultraviolet
Radiasi ultraviolet, bentuk cahaya yang tidak terlihat oleh cahaya memiliki panjang gelombang lebih pendek dari warna ungu, kurang berbahaya daripada sinar-X, tetapi masih bisa membahayakan makhluk hidup. Matahari menghasilkan sinar ultraviolet dalam jumlah yang melimpah, tetapi lapisan ozon di atmosfer bagian atas Bumi memblokirnya. Lampu hitam tidak berbahaya, bentuk gelombang panjang dari sinar ultraviolet; sumber buatan lainnya, seperti lampu germicidal yang digunakan di rumah sakit menghasilkan lebih banyak, gelombang pendek UV yang energik yang dapat menyebabkan kulit terbakar dan kebutaan.

TV Vintage
Televisi lama membentuk gambar dalam layar kaca besar yang disebut gambar tabung atau tabung sinar katoda. CRT bekerja dengan menghasilkan arus listrik tegangan tinggi yang membuat lapisan fosfor berpendar. TV berwarna menghasilkan tegangan antara 20.000 dan 40.000 volt dan akibatnya merupakan sumber potensial radiasi sinar-X yang lemah. Sinar-X menjadi sedikit berbahaya jika Anda duduk sangat dekat dengan layar. Pada 1970-an, produsen TV menambahkan timah ke kaca tabung gambar, secara signifikan mengurangi radiasi dan menghilangkan bahaya.

TV Layar Datar
Layar Liquid Crystal yang digunakan di beberapa televisi layar datar tidak membuat menerangi secara langsung, tetapi membutuhkan cahaya latar putih yang kemudian disaring LCD, menghasilkan gambar. Beberapa TV menggunakan lampu neon sebagai lampu latar; lampu neon menghasilkan beberapa UV yang dihapus oleh pabrikan dengan kaca yang dirawat secara khusus. Sebagai manfaat tambahan, lampu ultraviolet-free memberi tampilan LCD masa operasi yang lebih lama. TV plasma tidak menggunakan lampu neon dan tidak menimbulkan risiko UV; TV yang menggunakan lampu latar dioda pemancar cahaya juga tidak menghasilkan UV.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Perangkat-keras/101311336.html

Perangkat keras
  • Bagaimana Cara Kerja TV Layar Datar?

    Berada di antara dua lembar kaca adalah teknologi yang memungkinkan TV layar datar bekerja. Tergantung pada jenis TV layar datar, prosesnya dapat sedikit berbeda. Dalam sebuah TV plasma terdapat sel-sel yang mengandung gas xenon dan neon serta elektroda. Ada dua jenis elektroda, layar dan alamat, ya

  • Bagaimana Cara Kerja Parabola?

    Parabola adalah Antena Parabola adalah jenis antena parabola dan microwave. Yang digambarkan di atas adalah antena reflektor gain tinggi. Ini berarti ia mengambil atau mengirim sinyal elektromagnetik dari satelit. Dapat digunakan untuk data, radio atau televisi. Ukuran dan desain parabola bervarias

  • Bagaimana Motherboard Komputer Bekerja?

    Pendahuluan Motherboard memiliki tujuan penting dalam komputer. Ini adalah pekerja keras di balik proses komputer, membantu menghubungkan semuanya bersama dan menjalankan komputer. Motherboard menghubungkan banyak prosesor dan komponen untuk memastikan semuanya bekerja secara efisien. Tujuan Moth

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com