whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Perangkat keras

"How to Read Diode Numbers

", 3, [[

Sistem untuk mengategorikan dioda, salah satu komponen elektronik pada papan sirkuit, mengikuti skema penomoran Dewan Rekayasa Perangkat Elektron Bersama AS (JEDEC). Ada banyak gaya dioda. Yang paling umum dalam elektronik sehari-hari adalah dioda penyearah, yang mengubah arus bolak-balik (AC) menjadi arus searah (DC).

Langkah 1
Pastikan Anda melihat dioda. Dioda memiliki dua "lead" - kontak atau kabel yang terhubung ke papan sirkuit.

Langkah 2
Perhatikan polaritasnya. Sama seperti baterai, dioda memiliki polaritas. Sisi negatif, atau katoda, biasanya diwakili oleh batang, pita, atau garis di sepanjang salah satu ujung badan komponen. "K" atau dengan tepi terangkat atau meruncing. Sisi positif, atau anoda, biasanya tidak memiliki tanda.

Langkah 3
Decode jenis dioda dan penunjukan material. Ini ditunjuk oleh "1N" di nomor bagian. "1" mengidentifikasi komponen sebagai dioda. "N" menunjukkan materi dalam perangkat adalah semikonduktor.
Dekode kode model. Nomor setelah kode dioda dan kode penunjukan material adalah model atau nomor bagian. Ada ribuan gaya dioda. Contohnya termasuk 1N4148, yang mengidentifikasi dioda pelurusan umum berkecepatan tinggi; 1N914, model tujuan umum; dan 1N4973, dioda pengatur tegangan.

Kiat
Cara terbaik untuk memahami nomor komponen untuk dioda tertentu adalah dengan melihat lembar data untuk komponen tersebut. Anda sering dapat menemukannya di situs web pemasok komponen elektronik.
Sebelum melepaskan dioda dari papan sirkuit, gunakan spidol berujung halus untuk menunjuk sisi katoda dengan membuat garis kecil pada papan sirkuit tercetak.

Peringatan

  • Memasukkan dioda secara tidak benar dapat menyebabkan kegagalan komponen elektronik, termasuk terlalu panas, yang dapat menyebabkan luka bakar.


    URL:https://komputer.whycomputer.com/Perangkat-keras/101306922.html

  • Perangkat keras
    • Cara Membaca Disk PC pada Mac

      Mac populer untuk stabilitas dan perangkat lunak kreatifnya. Di masa lalu, disk PC tidak dapat digunakan pada Mac. Namun, sekarang ada beberapa opsi yang tersedia yang memungkinkan Anda untuk menggunakan disk PC pada Mac untuk memberi Anda lebih banyak opsi program. Dan karena banyak sekolah dan tem

    • Cara Membaca Email di Kindle

      Kindle adalah e-reader elektronik yang dibuat dan dijual oleh Amazon.com. Sebagian besar orang tahu bahwa mereka dapat menggunakan Kindle mereka untuk mengunduh dan membaca buku dan menelusuri konten di beberapa halaman Web favorit mereka, tetapi banyak orang mungkin tidak menyadari bahwa mereka dap

    • Cara Membaca Kartu Mini SD

      Kartu Mini SD adalah perangkat memori portabel yang biasa digunakan di ponsel dan kamera. Anda dapat mentransfer file dari kartu mini SD ke komputer Anda jika Anda memiliki perangkat keras yang benar. Langkah 1 Periksa apakah komputer Anda memiliki pembaca kartu SD. Secara umum, itu akan berada

    Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com