whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Perangkat keras

Cara Membongkar Motherboard

Setiap perangkat keras yang dipasang ke komputer terhubung ke sistem melalui motherboard. Hard drive, catu daya, modul memori, dan kartu adaptor semuanya terhubung ke motherboard melalui kabel, yang dimasukkan ke dalam slot atau konektor yang sesuai di papan tulis. Di sepanjang motherboard terdapat sirkuit yang memungkinkan komponen-komponen ini untuk mentransfer data bolak-balik.

Untuk membongkar motherboard, Anda harus melepaskan semua komponen - baik perangkat keras internal maupun eksternal - yang terhubung ke papan sirkuit. Membongkar motherboard membutuhkan keahlian komputer yang memadai dan setidaknya pengetahuan kerja tentang berbagai komponen yang diinstal ke komputer.

Langkah 1
Matikan komputer dan lepaskan kabel daya dari sumber daya. Lepaskan kabel yang menghubungkan monitor, keyboard, mouse, dan perangkat periferal lainnya. Kenakan tali pergelangan tangan antistatis untuk mencegah kerusakan komponen interior dengan pelepasan muatan elektrostatik (ESD).

Langkah 2
Tekan tombol "Daya" di bagian depan komputer untuk mengalirkan PC dari sisa daya apa pun . Longgarkan sekrup di bagian belakang kasing yang menahan penutup ke komputer.

Langkah 3
Geser penutup dari kasing. Lepaskan tab atas dan bawah yang terletak di bagian dalam kasing untuk melepas panel depan.

Langkah 4
Setel kasing pada sisinya, dan sentuh sasis untuk menghilangkan listrik statis apa pun.

Langkah 5
Lepaskan konektor 20-pin atau 24-pin yang mengarah dari catu daya ke motherboard.

Langkah 6
Lepaskan kabel data yang terhubung ke drive optik dan hard disk. . Lepaskan kabel data dari motherboard.

Langkah 7
Lepaskan sekrup yang menahan kartu video dan adaptor ke bagian belakang kasing. Angkat kartu lurus ke atas untuk mengeluarkannya dari slotnya. Jangan menyentuh permukaan kartu, dan jangan menyentuh konektor emas. Raih kartu pada tepinya.

Langkah 8
Lepaskan dari motherboard semua kabel yang menghubungkan kartu video ke komputer.

Langkah 9
Lepaskan tab yang menahan modul memori di tempat. Lepaskan modul memori dengan cara yang sama seperti kartu adaptor.

Langkah 10
Lepaskan LED dan kabel daya dari bagian depan kasing ke motherboard.

Langkah 11
Longgarkan sekrup yang memasang motherboard ke kasing komputer. Pastikan tidak ada kabel lain yang terhubung ke motherboard.

Langkah 12
Angkat motherboard dari kasing. Lepaskan papan sirkuit dari panel I /O (Input /Output) yang ditemukan di bagian belakang kasing.

Langkah 13
Lepaskan sekrup yang memasang kipas CPU ke unit pendingin. Angkat kipas dari unit pendingin.

Langkah 14
Gunakan sepasang tang untuk melepaskan catu daya kipas dari papan sirkuit. Dorong bersama-sama tab yang terletak di kedua sisi pendingin.

Langkah 15
Lepaskan tab dan goyangkan pendingin dari sisi ke sisi untuk melonggarkannya. Tekan dan tahan tab untuk mengunci unit pendingin dan angkat unit pendingin dari motherboard.
Lepaskan tuas yang menahan CPU ke motherboard. Lepaskan prosesor untuk menyelesaikan pembongkaran motherboard.

Tips
Jangan pernah goyangkan modul memori atau kartu adaptor bolak-balik untuk mengendurkannya.
Untuk memasang kembali komputer, ikuti langkah-langkah di atas, tetapi secara terbalik.
Selain tali antistatik, Anda juga dapat menggunakan alas antistatis untuk melindungi komputer dari muatan listrik statis.

Peringatan

  • Pelepasan muatan listrik statis (listrik statis) dapat merusak komponen komputer secara permanen. Motherboard dan CPU bisa dibilang komponen yang paling mahal dari komputer, dan kerusakan elektrostatik pada salah satu bagian ini dapat membuat mereka secara permanen tidak responsif. Jangan membongkar komputer saat duduk di karpet atau di tempat tidur, dan jangan menyentuh bagian dalam PC tanpa terlebih dahulu membumi.
  • Hindari tali pergelangan tangan ESD yang murah. Meskipun tali pergelangan tangan antistatik harus melindungi komponen Anda dari ESD, tali murah cenderung dibuat dengan buruk, dan keefektifannya dapat berkurang seiring dengan bertambahnya usia tali pergelangan tangan.

    Barang yang Anda butuhkan

  • Obeng Phillips
  • Forceps
  • Tali pergelangan tangan antistatis
  • Mat antistatik


    URL:https://komputer.whycomputer.com/Perangkat-keras/101305215.html

  • Perangkat keras
    • Cara Mengatasi Masalah & Memperbaiki Motherboard Komputer

      Motherboard komputer tidak terlalu mahal, tetapi mereka adalah salah satu bagian terpenting dari komputer mana pun, karena semuanya terhubung ke motherboard. Karenanya pemecahan masalah motherboard bisa jadi rumit. Ketika Anda berpikir Anda memiliki masalah motherboard, Anda harus melakukan peme

    • Cara Mengganti Baterai di Komputer Desktop Dell

      Komputer desktop Dell menggunakan baterai di motherboard untuk menjaga fungsi-fungsi tertentu terus berjalan. Beberapa fungsi mengingat waktu dan tanggal yang benar di komputer Anda. Ketika komputer Anda tidak menjaga waktu yang tepat atau memberi Anda kesalahan BIOS, saatnya untuk mengganti bat

    • Cara Memperbarui BIOS pada Motherboard RC410-M

      Sistem Input /Output Dasar (BIOS) memberi tahu komputer apa yang dilakukan sebelum program dimulai. Ini mengontrol informasi yang memungkinkan komputer Anda untuk hidup. Setiap pabrikan, termasuk HP, menyarankan Anda memeriksa driver yang diperbarui secara berkala, dan mengunduh serta menginstal

    Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com