whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Jaringan

Cara Mengatur Server Linux untuk Jaringan Rumah

Linux, alternatif UNIX yang tersedia secara bebas yang dirancang untuk berjalan di komputer pribadi, telah menjadi pilihan populer bagi pengguna yang ingin membuat server di jaringan rumah. Karena sistem operasinya tidak mahal (dan seringkali gratis), secara inheren jaringan mampu dan stabil, ia menawarkan banyak kualitas yang diinginkan dalam server jaringan.

Langkah 1
Pilih komputer. Meskipun persyaratan sistem umum untuk Linux relatif ringan, kemampuan server untuk menangani beberapa koneksi mungkin berkorelasi langsung dengan kinerja komputer. Untuk alasan ini, jaringan berukuran sedang (yang terdiri dari tiga hingga lima komputer) dapat berfungsi dengan komputer ritel tipikal yang tersedia di setiap toko komputer atau pengecer diskon rantai. Jaringan besar mungkin menuntut komputer yang lebih kuat untuk menangani banyak koneksi simultan. Untuk sebagian besar jaringan, komputer dengan setidaknya 512 megabyte memori akses acak (RAM), prosesor 2,0 gigahertz atau lebih cepat, kartu jaringan dan hard drive besar (500 megabita atau lebih besar) sudah cukup.

Langkah 2 - Instal Linux. Jika Anda belum menginstal sistem operasi Linux di server Anda, unduh paket instalasi dari salah satu situs distribusi Linux yang populer seperti Mandriva, Debian, Ubuntu atau Fedora. Ikuti instruksi instalasi khusus untuk paket yang Anda pilih, dengan memperhatikan langkah-langkah konfigurasi khusus jaringan. Jika distribusi Linux Anda menanyakan apakah mengizinkan FTP, Telnet atau koneksi jaringan lainnya, pilih opsi untuk mengaktifkan fitur-fitur ini.

Langkah 3
Hubungkan komputer Linux ke jaringan rumah Anda. Secara fisik sambungkan server Linux ke jaringan Anda dengan menghubungkan kabel Ethernet antara kartu jaringan di komputer dan port jaringan yang tersedia di router Anda. Akses konfigurasi jaringan pada komputer dengan mengikuti instruksi untuk instalasi Linux Anda, dan atur alamat IP mesin ke "Static" dengan alamat 192.168.0.254 (pengguna tingkat lanjut dengan konfigurasi jaringan pribadi yang berbeda dapat menyesuaikan alamat ini seperlunya); selanjutnya, masukkan alamat subnet 255.255.255.0. Jika konfigurasi memerlukan alamat gateway, Anda dapat menggunakan alamat router jaringan Anda atau, jika Anda tidak ingin mesin ini mengakses Internet, isi alamat gateway dengan angka 123.123.123.1.

Langkah 4
Tambahkan pengguna ke server Linux Anda. Agar pengguna dapat memetakan server Linux Anda sebagai drive atau server aplikasi pada komputer mereka, mereka akan memerlukan nama pengguna dan kata sandi untuk mengakses mesin Linux. Atur pengguna sesuai dengan instruksi yang disertakan dengan distribusi Linux khusus Anda dan pastikan pengguna ini memiliki akses ke direktori yang disisihkan untuk menyimpan file jaringan. Anda juga dapat menerapkan pembatasan akses jaringan untuk setiap pengguna jika perlu.

Langkah 5
Aktifkan fungsionalitas aplikasi jaringan di server Linux Anda. Jika distribusi Linux Anda tidak mengonfigurasi aplikasi jaringan seperti FTP dan Telnet selama proses instalasi, aktifkan layanan ini dari panel kontrol Linux Anda. Anda dapat memilih layanan mana yang Anda ingin server Linux Anda berikan, tetapi pastikan untuk mengaktifkan layanan kritis seperti FTP (yang memungkinkan transfer file dari Mac dan komputer Linux lainnya), Samba (yang memungkinkan transfer file dari komputer Windows) dan Remote Desktop /VNC (yang memungkinkan pengguna lain untuk melihat desktop server Linux dan menjalankan aplikasi).
Memetakan server dari komputer lain di jaringan Anda. Jika pengguna Anda menggunakan komputer Mac atau Linux, mereka dapat dengan mudah memetakan server Linux menggunakan teknik pemetaan standar (pada komputer Mac, misalnya, cukup klik "Go" lalu "Connect to Server" lalu browse ke server Linux Anda yang baru dikonfigurasi) . Dari komputer Windows, klik kanan pada "My Computer," klik pada "Map Network Drive" dan lengkapi alamat atau nama perangkat server. Jika komputer Windows Anda tidak dapat terhubung ke server, verifikasi bahwa mesin Linux menerima koneksi Samba yang masuk. Setelah pengguna ini terhubung ke server, jaringan rumah Anda server Linux aktif.

Kiat
Lindungi server Linux Anda - dan sesi pengguna - dari gangguan daya dengan menghubungkannya ke catu daya yang tidak terputus ( UPS). Sejumlah besar informasi konfigurasi Linux yang berguna dapat ditemukan di kebanyakan forum Linux dan komunitas online di Internet.

Peringatan

  • Jika Anda memilih untuk menghubungkan server Linux Anda ke Internet, pastikan untuk melindungi file yang berpotensi sensitif - termasuk data keuangan pribadi yang dapat disimpan oleh pengguna Anda di server --melalui penggunaan aplikasi firewall dan anti-virus.


    URL:https://komputer.whycomputer.com/Jaringan/101300459.html

  • Jaringan
    • Cara Memasang Jaringan Rumah Serat Optik

      Cara Memasang Jaringan Rumah Serat Optik. Jika Anda memilih serat optik untuk koneksi Internet Anda, Anda harus menginstalnya di jaringan rumah komputer Anda. Perwakilan perusahaan akan membawa serat optik ke rumah Anda, dan kemudian Anda dapat menginstal jaringan Anda baik kabel atau nirkabel.

    • Cara Mengatur LAN pada Windows XP

      Anda dapat menggunakan kemampuan jaringan Windows XP untuk berbagi koneksi Internet broadband, file, dan printer. Menyiapkan jaringan area lokal (LAN) jauh lebih sederhana pada Windows XP daripada pada sistem operasi Windows sebelumnya. Anda dapat mengatur LAN kabel atau nirkabel untuk komputer di r

    • Cara Menyiapkan DNS Server

      Komputer dan peralatan jaringan Internet saling berkomunikasi melalui alamat IP numerik, alih-alih nama domain. Untuk mencegah pengguna Internet dari harus menghafal alamat IP numerik, DNS (layanan nama domain) dibuat untuk menerjemahkan nama domain ke alamat IP. Dengan menghubungkan server DNS ke j

    Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com