whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Perangkat lunak

Mainframe Vs. Server Klien

Sistem server-klien telah tumbuh dalam daya komputasi selama bertahun-tahun karena perbaikan dalam arsitektur prosesor komputer. Namun, mereka memberikan kemampuan pemrosesan yang lebih rendah daripada rekan mainframe mereka karena arsitektur sistem komputasi secara keseluruhan. Saat Anda membutuhkan pemrosesan transaksi volume tinggi, mainframe memberikan kemampuan lebih rendah yang ditawarkan oleh sistem server-klien.

Biaya Akuisisi

Komputer mainframe biasanya dihargai di jutaan dolar, sementara sistem client-server memiliki titik masuk dalam ribuan. Sistem yang lebih murah memungkinkan organisasi yang lebih kecil untuk masuk ke dunia komputasi dengan biaya lebih rendah. Namun, perusahaan yang lebih besar, seperti bank, perusahaan asuransi, dan pemroses pembayaran, memiliki dana untuk membiayai kekuatan pemrosesan transaksi yang sangat dibutuhkan dari mainframe.

Biaya Pemeliharaan

Seperti halnya dengan biaya perolehan, biaya pemeliharaan dan biaya berkelanjutan lainnya juga lebih rendah untuk sistem server-klien. Misalnya, perusahaan perangkat lunak mainframe sering mengenakan biaya sekitar 20 persen dari harga pembelian untuk pemeliharaan perangkat lunak tahunan. Dalam lingkungan klien-server, biaya ini jauh lebih rendah. Biaya dukungan dalam bentuk tenaga teknis juga lebih rendah dengan sistem klien-server, dengan insinyur klien-server menghasilkan sekitar sepertiga lebih sedikit daripada programmer sistem mainframe.

Perbedaan Sistem Operasi

Sebagian besar sistem client-server menjalankan sistem operasi yang sudah dikenal seperti Windows Server dan Linux. Kompleksitas sistem operasi mainframe jauh lebih tinggi daripada sistem client-server, menggerakkan aplikasi perangkat keras dan perangkat lunak yang jauh lebih canggih. Perusahaan sistem operasi client-server bergantung pada produsen perangkat keras untuk menulis antarmuka untuk OS, sementara perusahaan mainframe biasanya menyediakan semua perangkat lunak interfacing yang ditulis ke dalam OS. Multitasking serupa dalam mainframe dan sistem operasi Windows /Linux /Unix, dengan semua yang mampu melakukan multitasking preemptive, membuatnya tampak bahwa komputer menjalankan banyak tugas secara bersamaan.

Lingkungan Pengoperasian

Walaupun banyak server baik-baik saja di ruangan yang relatif sejuk dan bersih, komputer mainframe memerlukan kontrol yang lebih spesifik, terutama di bidang suhu, kelembaban, pemadaman kebakaran, dan kebersihan. Mainframe biasanya didukung oleh catu daya yang tidak pernah terputus untuk operasi terus-menerus dan mengonsumsi daya lebih banyak daripada rekan-rekan server-klien mereka yang lebih kecil. Kamar sejuk dengan proteksi kebakaran yang memadai dan pintu yang dapat dikunci dapat dengan mudah menampung, mendinginkan, dan melindungi sejumlah sistem server-klien.

Ukuran

Komputer mainframe modern lebih kecil dari pendahulunya yang menempati seluruh ruangan, tetapi mereka biasanya masih berukuran kulkas atau lebih besar. Mesin client-server, di sisi lain, biasanya seukuran beberapa kotak sepatu bertumpuk. Jejak yang lebih kecil dari mesin klien-server berkontribusi pada persyaratan lingkungan yang lebih rendah, serta konsumsi daya yang lebih rendah.

Operasi

Operasi klien-server kadang-kadang sedikit lebih santai dari operasi mainframe. Pengguna client-server biasanya perusahaan kecil hingga menengah yang tidak memerlukan kekuatan pemrosesan atau lingkungan ketat dari mainframe. Pengguna mainframe biasanya perusahaan besar, seperti perusahaan asuransi, lembaga keuangan besar dan organisasi kesehatan. Karena persyaratan keamanan yang tinggi dari institusi tersebut, operasi biasanya ketat dan mengikuti serangkaian acara untuk memastikan kepatuhan prosedural.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Perangkat-lunak/101313134.html

Perangkat lunak
  • Cara Menggunakan Excell RTD Function

    Microsoft Excel memiliki banyak fungsi finansial dan matematika yang membuat penghitungan mudah dilakukan hanya dengan beberapa klik. Sebagian besar hanya menggunakan Excel untuk tugas-tugas sederhana; namun, Excel memiliki fungsi yang disebut RTD yang memungkinkan pengguna untuk memperbarui spr

  • Cara Menyiapkan DNS Server

    Komputer dan peralatan jaringan Internet saling berkomunikasi melalui alamat IP numerik, alih-alih nama domain. Untuk mencegah pengguna Internet dari harus menghafal alamat IP numerik, DNS (layanan nama domain) dibuat untuk menerjemahkan nama domain ke alamat IP. Dengan menghubungkan server DNS ke j

  • "Types of Email Servers

    , 3, [[ Email adalah salah satu layanan yang paling dikenal dan paling banyak digunakan di Internet. Ini memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan teks, file, gambar, musik, video dan media lain kepada siapa pun yang memiliki alamat email - di mana pun mereka berada di dunia. Email biasanya m

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com