whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Perangkat keras

Cara Membuat Lebih Banyak Memori /Ruang di Komputer Anda

Memori dan ruang adalah dua istilah yang sering membingungkan ketika menyangkut komputer. Memori adalah jumlah RAM (memori akses acak) yang dipasang di dalam komputer Anda dan digunakan untuk menjalankan program serta sistem operasi. Secara umum, semakin banyak memori yang Anda miliki, semakin cepat komputer Anda dapat beroperasi. Ruang, di sisi lain, mengacu pada ruang hard disk, yang digunakan untuk menyimpan data dan program. Ketika hard disk terisi, itu juga mempengaruhi kinerja komputer. Membuat lebih banyak memori dan ruang pada komputer Anda mengharuskan Anda membebaskan memori dan ruang yang ada atau memutakhirkan komputer Anda untuk menambah lebih banyak.

Memasang Lebih Banyak RAM

Memasang lebih banyak RAM di komputer Anda adalah cara termudah untuk membuat lebih banyak memori agar program Anda dapat bekerja. Sebelum memasang RAM, Anda harus terlebih dahulu menentukan jenis RAM yang digunakan komputer Anda dan apakah Anda memiliki slot yang tersedia. Klik tombol Mulai dan kemudian klik kanan "Komputer." Klik "Properties" untuk melihat berapa banyak RAM yang diinstal pada komputer Anda. Windows 7 membutuhkan setidaknya 1GB RAM untuk versi 32-bit dan 2GB untuk versi 64-bit. Jika Anda kurang dari ini, menginstal lebih banyak RAM adalah pilihan terbaik untuk Anda. Konsultasikan manual motherboard Anda untuk menentukan jenis RAM yang digunakan komputer Anda, serta lokasi pada motherboard Anda. Buka penutup komputer Anda untuk menentukan apakah Anda memiliki slot RAM kosong yang tersedia. Jika tidak, Anda harus menukar modul RAM yang ada dengan yang lebih besar.

Memasang Hard Drive yang Lebih Besar atau Ekstra

Memasang hard drive yang lebih besar atau bahkan drive ekstra akan memberi Anda lebih banyak ruang di komputer Anda. Klik tombol Start dan kemudian klik "Computer" untuk melihat daftar semua hard disk drive yang terhubung ke komputer Anda serta berapa banyak ruang yang tersisa. Setiap drive dengan bilah merah di sebelahnya (dalam tampilan "ubin" dan "konten") dekat dengan kapasitas penuh dan akan mulai menghambat kinerja. Saat memasang hard drive primer yang lebih besar, Anda harus menginstal ulang sistem operasi Anda serta semua perangkat lunak yang sebelumnya diinstal. Menambahkan hard drive tambahan adalah opsi yang lebih mudah, karena Anda tidak perlu menginstal ulang semuanya. Sebagai gantinya, Anda dapat memindahkan file dan dokumen ke drive ekstra untuk membuat lebih banyak ruang pada drive utama. Hard drive portabel dan eksternal juga merupakan pilihan yang baik karena Anda dapat memindahkannya antara banyak komputer dan laptop sebagai drive cadangan.

Membebaskan RAM

Untuk melihat caranya sebagian besar memori sistem Anda digunakan, klik kanan bilah tugas dan pilih "Mulai Pengelola Tugas." Klik tab "Performance" untuk rincian terperinci dari berapa banyak memori yang tersedia. Untuk membebaskan lebih banyak memori, klik tombol "Resource Monitor" di bagian bawah tab Performance untuk daftar semua program yang dimuat ke dalam memori. Klik kanan pada nama program dan pilih "Akhiri Tugas" untuk menutupnya dan membebaskan memori. Jika Anda merasa tidak nyaman menutup program dengan cara ini, Anda juga dapat keluar secara manual dari perangkat lunak yang sedang berjalan serta menutup tab browser tambahan untuk membebaskan lebih banyak memori. Restart komputer Anda adalah metode lain untuk membebaskan lebih banyak memori, karena kebocoran memori oleh perangkat lunak buggy dapat menyebabkan kerugian kinerja pada komputer yang belum melakukan reboot untuk sementara waktu. Gunakan tab Kinerja Manajer Tugas Windows dan Monitor Sumber Daya untuk melacak program yang menggunakan banyak memori Anda dan nonaktifkan ini bila tidak diperlukan.

ReadyBoost

Yang lebih murah alternatif daripada menginstal RAM tambahan untuk membuat lebih banyak memori adalah dengan menggunakan fitur "ReadyBoost" yang tersedia di Windows Vista dan yang lebih tinggi. Setelah memori komputer Anda hampir habis, hard drive komputer digunakan untuk menyimpan data sementara. USB flash drive lebih cepat daripada hard drive tradisional sehingga dengan menggunakan ReadyBoost, Windows menyimpan data sistem pada perangkat portabel untuk akses yang lebih cepat. Persyaratan untuk ReadyBoost adalah perangkat memori flash dengan ruang kosong minimum 256MB hingga kapasitas maksimum 32GB. Hingga delapan perangkat dapat dihubungkan untuk total maksimum 256GB kapasitas memori tambahan. Untuk menggunakan ReadyBoost, sambungkan flash drive atau kartu memori flash ke port USB terbuka di komputer Anda. Klik "Percepat sistem saya" dari opsi umum yang tercantum di jendela AutoPlay yang muncul. Pilih "Dedikasikan perangkat ini ke ReadyBoost" untuk menggunakan semua ruang yang tersedia untuk fitur ini atau "gunakan perangkat ini" dan seret penggeser ke jumlah ruang pilihan yang ingin Anda gunakan. "OK" untuk mulai menggunakan perangkat sebagai memori tambahan.

Membebaskan Lebih Banyak Ruang Hard Disk

Klik "Mulai
URL:https://komputer.whycomputer.com/Perangkat-keras/101317954.html

Perangkat keras
  • Cara Membuat Kartu Flash di Komputer Anda

    Membuat kartu flash di komputer Anda dapat membantu Anda, teman atau anak Anda saat belajar untuk ujian. Menghafal kartu flash adalah teknik belajar yang populer, dan ada beberapa layanan gratis yang memungkinkan Anda membuat, berbagi, dan menggunakan kartu flash online atau mencetaknya. Untuk membu

  • Cara Benar-Benar Melakukan Kembali Komputer Anda

    Sementara sebagian besar waktu Anda akan dapat pulih dari kesalahan komputer hanya dengan beberapa langkah, ada kalanya Anda harus benar-benar mengulang komputer Anda dan mengembalikannya ke kondisi semula seperti saat itu pertama meninggalkan pabrik. Jika file sistem operasi menjadi rusak, meng

  • Cara Membuat Drive Lain di Komputer Anda

    Meskipun Anda mungkin menganggap hard drive Anda sebagai satu unit fisik, komputer Anda dapat dilatih untuk melihat hard drive yang diinstal sebagai sejumlah drive yang diinstal berbeda. Ini dilakukan melalui penggunaan Partition Manager, dan dapat bermanfaat untuk memisahkan file Anda dan menga

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com