whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Perangkat keras

Cara Membaca Diode Kode Warna

Dioda adalah komponen elektronik yang mirip dengan resistor. Resistor memblokir aliran arus di seluruh rangkaian, sedangkan dioda memungkinkan arus melewati satu arah, tetapi menghambat arus dalam arah yang berlawanan. Dioda kadang-kadang digunakan dalam mengubah arus bolak-balik ke arus searah. Ada berbagai jenis dioda. Beberapa nilai mereka ditandai dengan jelas pada mereka. Namun, dioda lain menggunakan sistem kode warna yang digunakan resistor. Membaca dan menguraikan nilai dioda itu mudah jika Anda memiliki lembar referensi bagan warna.

Langkah 1
Putar dioda di tangan Anda sehingga pita berada di sisi kiri dan tidak. Sisi berikat ada di sebelah kanan. Sisi kiri, berpita, dikenal sebagai ujung katoda dan ujung nonbanded adalah anoda.

Langkah 2
Konsultasikan bagan kode warna dioda dan biasakan diri Anda dengan sistem pengkodean. Nilai bagan adalah 0 untuk hitam, 1 untuk coklat, 2 untuk merah, 3 untuk oranye, 4 untuk kuning, 5 untuk hijau, 6 untuk biru, 7 untuk ungu, 8 untuk abu-abu dan 9 untuk putih.
< h4> Langkah 3 - Catat nilai angka ke bawah, bergerak dari kiri ke kanan, untuk dua pita pertama.

Langkah 4
Tentukan peringkat toleransi untuk dioda dengan memeriksa pita ketiga. Peringkat toleransi adalah jumlah nol yang ada dalam nilai total dioda. Misalnya, dioda yang ditandai dengan warna kuning, oranye, merah akan sama dengan 4.300 Ohm.
Hitung pita keempat jika ada satu dioda. Beberapa dioda memiliki pita keempat yaitu emas atau perak. Pita-pita ini adalah pita toleransi akurasi dan digunakan pada dioda presisi. Emas memiliki nilai plus atau minus 5 persen. Perak memiliki nilai plus atau minus 10 persen. Pada dioda dengan pita toleransi akurasi, nilai persen masing-masing dikurangi atau ditambahkan ke nilai akhir dari dua hingga tiga pita warna.

Item yang Anda perlukan

  • Kode warna dioda bagan
  • Diode
  • Pena
  • Kertas


    URL:https://komputer.whycomputer.com/Perangkat-keras/101307589.html

  • Perangkat keras
    • Cara Membaca Disk PC pada Mac

      Mac populer untuk stabilitas dan perangkat lunak kreatifnya. Di masa lalu, disk PC tidak dapat digunakan pada Mac. Namun, sekarang ada beberapa opsi yang tersedia yang memungkinkan Anda untuk menggunakan disk PC pada Mac untuk memberi Anda lebih banyak opsi program. Dan karena banyak sekolah dan tem

    • Cara Membaca Email di Kindle

      Kindle adalah e-reader elektronik yang dibuat dan dijual oleh Amazon.com. Sebagian besar orang tahu bahwa mereka dapat menggunakan Kindle mereka untuk mengunduh dan membaca buku dan menelusuri konten di beberapa halaman Web favorit mereka, tetapi banyak orang mungkin tidak menyadari bahwa mereka dap

    • Cara Membaca Kartu Mini SD

      Kartu Mini SD adalah perangkat memori portabel yang biasa digunakan di ponsel dan kamera. Anda dapat mentransfer file dari kartu mini SD ke komputer Anda jika Anda memiliki perangkat keras yang benar. Langkah 1 Periksa apakah komputer Anda memiliki pembaca kartu SD. Secara umum, itu akan berada

    Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com