whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Jaringan

Cara Mengkonfigurasi Nagios Web Interface IP Address

Nagios adalah alat perangkat lunak yang digunakan untuk memantau dan mengelola server jaringan Protokol Internet (IP), kinerja dan ketersediaan perangkat. Meskipun ada cara untuk mengonfigurasi penetapan alamat IP otomatis ke server Nagios, mengkonfigurasi secara manual alamat IP statis dan subnet mask adalah yang terbaik untuk keamanan dan manajemen server Nagios.

Langkah 1
Buka terminal konsol (command line) pada komputer Linux jika secara default menjalankan antarmuka pengguna grafis. Biasanya, program terminal dapat ditemukan di bagian "Sistem" "Administrasi," atau "Utilitas" pada menu program (tergantung pada distribusi Linux yang diinstal pada komputer).

Langkah 2
Ketik "sudo ifconfig eth0 192.168.1.100 mask 255.255.255.0," menggantikan "192.168.1.100" dengan alamat IP yang ditetapkan ke komputer dan "255.255.255.0" dengan subnet mask jaringan dan kemudian tekan tombol "Enter".
Ketik "sudo ifconfig" dan tekan tombol "Enter" lalu lihat output dan konfirmasikan bahwa alamat IP baru dikonfigurasi pada sistem.

Kiat
Jika Anda menerima "perintah tidak ditemukan" "atau kesalahan serupa, lalu gunakan" /sbin /ifconfig "sebagai pengganti" ifconfig "saat mengikuti prosedur. Coba juga hapus "sudo" dari depan perintah, karena mungkin tidak diperlukan oleh distribusi Linux Anda.
Jika menetapkan alamat IP ke komputer yang memiliki lebih dari satu adapter jaringan, gunakan "eth1" untuk adapter jaringan kedua, "eth2" untuk adaptor jaringan ketiga dan sebagainya.

Item yang Anda perlukan

  • Komputer server Nagios berbasis Linux
  • Alamat IP dan subnet mask untuk server Nagios


    URL:https://komputer.whycomputer.com/Jaringan/101303992.html

  • Jaringan
    • Cara Mengkonfigurasi Titik Akses sebagai Pengulang Nirkabel

      Konfigurasikan titik akses atau router sebagai repeater nirkabel untuk memperluas jangkauan jaringan nirkabel Anda di rumah atau kantor Anda. Repeater nirkabel mengambil sinyal yang dikirim dari router Anda dan menyiarkan ulang koneksi untuk mencakup area yang lebih luas. Gunakan pengaturan konf

    • Cara Mengonfigurasi Perute Netopia

      Menggunakan router adalah cara yang bagus untuk membuat jaringan rumah atau kantor tanpa harus menghabiskan banyak uang. Selama Anda memiliki koneksi Internet broadband melalui penyedia layanan Internet, Anda dapat menggunakan router untuk menghubungkan semua komputer di rumah atau kantor Anda.

    • Cara Menetapkan Alamat Jaringan ke Komputer

      Menetapkan alamat jaringan, juga dikenal sebagai alamat IP, ke komputer sangat penting untuk memungkinkannya memiliki koneksi ke jaringan Anda. Sementara banyak jaringan memiliki server Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) yang secara otomatis akan menetapkan alamat jaringan ke komputer, jarin

    Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com