whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Jaringan

Protokol Telekomunikasi

Dalam terminologi telekomunikasi, kata protokol digunakan untuk membahas beberapa set aturan dan regulasi yang mengatur proses pertukaran informasi digital antara dua entitas yang jauh. Selanjutnya, karena telekomunikasi adalah bidang yang luas yang mewujudkan banyak teknologi komunikasi, banyak protokol bekerja di berbagai bidang komunikasi digital untuk melayani proses pertukaran data. Beberapa area utama termasuk protokol komunikasi PSTN (jaringan telepon umum), protokol komunikasi seluler, protokol jaringan data dan protokol komunikasi hibrid.

Protokol PSTN
Protokol PSTN (atau protokol komunikasi telepon) adalah protokol komunikasi tertua dalam aksi, dan umumnya mengatur proses komunikasi antara pertukaran lokal, telepon rumah dan pertukaran gateway. Beberapa protokol utama termasuk SS7 (sistem pensinyalan 7), SCTP (protokol transmisi kendali aliran), protokol V5.1 /V5.2 dan protokol ISDN (jaringan digital layanan terpadu). Protokol-protokol ini terutama melayani prosedur komunikasi suara dalam PSTN.

Protokol Komunikasi Seluler
Komunikasi seluler menggunakan transmisi data ke unit data seluler yang berkeliaran di dalam area jangkauan. Prosedur komunikasi ini adalah metode komunikasi data yang lazim, dan memiliki banyak protokol yang dirancang khusus untuk pertukaran data dan prosedur pengendalian transmisi. Beberapa protokol komunikasi seluler yang umum termasuk BSMAP (bagian aplikasi manajemen stasiun base), BSSMAP (bagian aplikasi manajemen subsistem stasiun), BSSAP (bagian aplikasi subsistem stasiun base), DTAP (bagian aplikasi transfer langsung), SMSTP (protokol lapisan transfer layanan pesan singkat) ), BTSM (manajemen stasiun transceiver dasar) dan MAP (bagian aplikasi seluler).

Protokol Komunikasi Data - Domain komunikasi data mencakup semua jaringan lokal, pribadi, dan publik yang menggunakan komputer untuk bertukar data di antara pengguna. Beberapa contohnya adalah jaringan area lokal, jaringan area metropolitan, jaringan area luas dan jaringan jaringan - Internet. Jaringan ini menggunakan berbagai set protokol komunikasi untuk mengatur dan mengontrol proses komunikasi data, dan beberapa yang utama termasuk TCP (protokol kontrol transmisi), IP (protokol Internet), FTP (protokol transport file), HTTP (protokol transfer hiper-teks) ), POP (protokol kantor pos), SMTP (protokol transfer surat sederhana), DHCP (protokol kontrol host dinamis), BGP (protokol gateway perbatasan), UDP (protokol datagram terpadu), RTP (protokol waktu nyata) dan RSVP (kontrol reservasi) protokol).

Protokol VoIP - VoIP (Voice over Internet Protocol) adalah teknologi komunikasi yang memberikan solusi mentransfer data suara, multimedia, dan berbasis teks secara bersamaan melalui satu operator. Teknologi ini dikembangkan dengan menggabungkan jaringan data dan PSTN, dan untuk alasan ini, ia menggunakan banyak protokol dari kedua kategori sistem telekomunikasi yang disebutkan. Ini memiliki beberapa protokol khusus yang dikembangkan untuk operasi intinya juga, yang terutama meliputi MGCP (protokol kontrol gateway media), SIP (protokol inisiasi sesi), H.323, H.248, SDP (protokol deskripsi sesi), SAP (pengumuman sesi protokol), MIME (ekstensi surat Internet multiguna) dan SGCP (signaling gateway control protocol).

URL:https://komputer.whycomputer.com/Jaringan/101307120.html

Jaringan
  • Cara Memasang Keyboard Nirkabel untuk Desktop Anda PC

    Memasang keyboard nirkabel untuk PC desktop Anda dapat menghemat ruang meja yang berharga. Itu juga dapat membebaskan beberapa kekacauan yang cenderung berkumpul ketika Anda menggunakan komputer Anda untuk jangka waktu yang lama. Buat ruang untuk lebih banyak kertas dan cangkir kopi kosong dengan me

  • Bagaimana Menghubungkan Beberapa Komputer Bersama

    Membuat jaringan area lokal (LAN) di rumah atau kantor memungkinkan Anda untuk mengakses printer, program, dan informasi yang dibagikan, menggunakan satu penyedia layanan Internet dan bahkan memainkan permainan video LAN dengan yang lain di jaringan Anda . Jaringan Ethernet adalah solusi paling umum

  • Cara Menemukan Alamat IP Komputer Anda di Windows

    Alamat IP komputer Anda berguna untuk mengatur aplikasi desktop jarak jauh dan membedakannya dari perangkat lain di jaringan Anda, jika Anda tahu di mana menemukannya. Layanan seperti Whats My IP hanya mengidentifikasi IP publik dari router Anda, bukan IP untuk komputer Anda sendiri. Anda dapat

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com