whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Perangkat keras

Perbedaan Antara Memori RAM & ROM

Walaupun akronimnya serupa dan keduanya adalah jenis memori, RAM dan ROM adalah dua jenis perangkat keras komputer yang sepenuhnya berbeda dan digunakan sangat berbeda di komputer Anda. Sederhananya, RAM digunakan untuk operasi sementara dan menjalankan aplikasi sementara ROM digunakan untuk menyimpan data yang tidak berubah tentang proses dasar. Jika komputer Anda adalah otak, ROM akan menyimpan data tentang cara mencerna makanan dan napas, sementara RAM akan membantu Anda memecahkan masalah aljabar.

Apa itu RAM?
Random Access Memory (RAM) digunakan untuk menyimpan data aplikasi sementara sehingga prosesor komputer Anda tidak harus kembali dan membaca kembali hard disk setiap kali perlu sedikit informasi. Pada dasarnya, chip memori ini menyimpan data yang sering digunakan pada ruang yang lebih kecil daripada hard disk untuk membuatnya lebih mudah diakses dan meningkatkan kecepatan pemrosesan. Saat Anda menggunakan komputer, sistem operasi Anda memutuskan apa yang perlu diakses dengan mudah dan memindahkan informasi itu ke penyimpanan RAM.

Apa itu ROM?
Memori Saja Baca (ROM) secara permanen menyimpan informasi sistem yang penting pada chip yang tidak dapat diubah oleh sistem operasi atau pengguna. ROM menyimpan data pada proses seperti apa yang terjadi ketika komputer Anda hidup atau bagaimana berkomunikasi dengan periferal dasar seperti keyboard; dengan kata lain, data yang membuat komputer Anda bekerja pada tingkat paling dasar dan tidak perlu dikonfigurasi ulang atau disesuaikan. Seperti namanya, komputer Anda membaca file-file ini, tetapi tidak membuat perubahan apa pun pada kontennya.

Skala dan Dampak pada Kinerja
RAM sering diubah-ubah dan ditingkatkan pada sistem komputer. Sebagai aturan umum, memutakhirkan atau meningkatkan jumlah RAM pada komputer memungkinkan sistem untuk menyimpan lebih banyak data sementara dan merujuk kembali ke memori hard disk lebih jarang, meningkatkan kecepatan komputer Anda dapat mengakses informasi dan memproses data. Meningkatkan ROM komputer, di sisi lain, jarang menjadi perhatian. Memutakhirkan dari sistem yang sangat mendasar dapat membutuhkan lebih banyak ROM untuk mengelola periferal berteknologi tinggi baru, tetapi - begitu beberapa elemen konfigurasi dasar sudah ada - peningkatan ROM tidak memiliki dampak berarti pada kecepatan pemrosesan komputer.

Sementara dan Penyimpanan Permanen
Saat Anda mematikan komputer, RAM Anda dihapus bersih, dengan data yang ditransfer ke hard disk atau dihilangkan sama sekali. Jenis penyimpanan ini disebut memori volatile dan memungkinkan RAM Anda untuk menciptakan ruang segar untuk proses dan aplikasi baru. Sebaliknya, data yang disimpan ke ROM ditulis secara permanen dan tetap pada chip bahkan ketika komputer Anda tidak memiliki daya. Ketika Anda menghidupkan kembali komputer Anda, sistem operasi Anda merujuk pada chip ROM ini untuk informasi tentang apa yang harus dilakukan.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Perangkat-keras/101308489.html

Perangkat keras
  • Cara Menambahkan RAM ke Laptop Lenovo Saya

    Jika Anda ingin laptop Lenovo Anda berjalan lebih cepat, instal lebih banyak RAM (memori akses acak). Menginstal lebih banyak RAM di laptop Anda adalah salah satu cara paling pasti untuk meningkatkan hampir setiap aspek kinerja komputer Anda. Aplikasi Anda akan dimuat lebih cepat, dan Anda akan

  • Cara Memeriksa Ruang Memori di Komputer

    Memori adalah komponen penting untuk komputer mana pun. Secara umum, ada dua jenis memori yang perlu diketahui oleh sebagian besar pengguna komputer: RAM dan ruang hard disk. RAM (kependekan dari Random Access Memory) menentukan berapa banyak tugas dan proses yang dapat dijalankan komputer Anda

  • Cara Mengembalikan Memori Komputer

    Jika komputer Anda tiba-tiba mengalami perlambatan dengan ketidakmampuan untuk menangani proses program tertentu, Anda mungkin memiliki memori yang salah (juga dikenal sebagai RAM). Sebelum mengganti RAM, periksa manual pengguna Anda dan spesifikasi komputer untuk menentukan jenis dan ukuran mod

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com