whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Perangkat keras

ATA Hard Drive Vs. SATA

ATA dan Serial ATA (SATA) adalah dua klasifikasi hard drive internal yang dapat dibeli untuk komputer Anda. Meskipun SATA adalah teknologi yang lebih baru dan mampu kecepatan transfer yang lebih tinggi, hard drive ATA masih diproduksi karena banyak komputer yang masih menggunakannya. Memahami perbedaan antara drive ini dapat membantu Anda menentukan upgrade drive terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.


Identifikasi
Untuk mengidentifikasi apakah hard drive komputer Anda saat ini adalah model ATA atau SATA, periksalah. Label dengan jelas akan menentukan jenisnya. Selain itu, periksa kabel yang digunakan untuk menghubungkan drive. Setiap hard drive internal terhubung ke komputer menggunakan dua kabel; satu untuk data, dan satu untuk daya. Jika kabel data yang digunakan oleh drive adalah kabel pita lebar dan tipis, itu adalah drive ATA. Kabel SATA lebih kecil - lebarnya sekitar 1/2 inci - dan umumnya berwarna merah.

Kecepatan
Manfaat utama antarmuka SATA dibandingkan ATA adalah kecepatan. Sementara hard drive ATA terbatas pada kecepatan transfer maksimum 133 megabyte per detik (MB /detik), hard drive SATA memiliki batas transfer 750 MB /detik. Ingatlah, bagaimanapun, bahwa kecepatan hard drive sebagian besar ditentukan oleh drive itu sendiri, bukan antarmuka. Hard drive konvensional tercepat di tahun 2009 hanya mampu memiliki kecepatan transfer maksimum sekitar 142 MB /detik. Pertimbangkan memutakhirkan komputer Anda untuk menggunakan drive SATA konvensional hanya jika Anda bermaksud menggunakan beberapa hard drive di sistem yang sama. Di komputer multi-drive, peningkatan ruang kepala antarmuka SATA benar-benar dapat dihargai.

Harga
Setelah pengenalan SATA, Anda dapat menghabiskan sedikit lebih banyak untuk drive ATA; sekitar $ 65 untuk drive ATA 500-gigabyte dibandingkan dengan $ 50 untuk drive SATA pada tahun 2009. Perbedaan harga ini akan terus melebar karena lebih banyak komputer berbasis ATA diganti dengan yang lebih baru menggunakan antarmuka SATA.

Menggunakan SATA Drive dengan Motherboard ATA
Meskipun hard drive SATA tidak dapat langsung dipasang di komputer yang hanya dapat menangani drive ATA, Anda dapat menggunakan drive SATA di komputer Anda saat ini dengan membeli kartu pengontrol SATA. Ini adalah kartu ekspansi yang dipasang ke salah satu slot pemutakhiran komputer Anda. Dengan kartu pengontrol SATA, Anda dapat mencolokkan hard drive SATA ke kartu pengontrol, alih-alih motherboard komputer. Ini dapat memungkinkan Anda untuk memutakhirkan hard drive di komputer Anda saat ini sambil memastikan bahwa Anda akan dapat terus menggunakan drive baru Anda saat Anda membeli komputer baru. Kartu pengontrol SATA entry-level dapat dibeli dengan harga kurang dari $ 15.

Komputer Baru
Meskipun meng-upgrade komputer yang ada dengan tujuan tunggal untuk dapat menggunakan drive SATA dipertanyakan, tidak ada pertanyaan bahwa Anda hanya harus membeli komputer baru dengan SATA. Antarmuka drive SATA akan tetap ada, dan hard drive berkapasitas tinggi di masa depan hanya akan tersedia di faktor bentuk SATA.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Perangkat-keras/101301129.html

Perangkat keras
  • Cara Memasang Hard Drive di Gateway Computer

    Ada banyak alasan untuk mengubah hard drive komputer. Mungkin drive lama Anda sudah mati, atau mungkin Anda hanya perlu lebih banyak ruang! Apapun, mengubah drive pada komputer Gateway tidak bisa lebih mudah dilakukan sendiri, berkat desain case yang ramah pengguna Gateway. Hanya dalam hitungan meni

  • Cara Memilih Kandang Hard Drive Eksternal

    Penutup hard drive mengambil hard drive internal dan mengubahnya menjadi hard drive eksternal. Ini berguna jika Anda ingin ruang ekstra di dalam komputer Anda, atau jika Anda memerlukan akses ke hard drive laptop Anda dari desktop Anda. Membuat drive eksternal menggunakan penutup juga memberikan

  • Tentang Mengganti Laptop HP Hard Drive

    Hewlett-Packard adalah salah satu produsen komputer dan komponen komputer terbesar di dunia, termasuk laptop. Tetapi bahkan dengan teknologi mutakhir dan kinerja tinggi laptop saat ini, biasanya menjadi perlu untuk mengganti hard drive. Memahami mengapa dan bagaimana mengganti hard drive laptop HP d

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com