whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Perangkat keras

Apa Berbagai Jenis Kabel Serat Optik?

Kabel serat optik dan teknologi transmisi data serat optik merevolusi transfer data pada akhir abad ke-20. Dengan mengkodekan data sebagai pulsa cahaya, bukan pulsa listrik, kepadatan data pada kabel serat optik jauh melebihi rekan-rekan tembaga mereka. Data dikirim, secara harfiah, pada kecepatan cahaya di atas kabel serat optik.

Proses Pembuatan
Terlepas dari jenis seratnya, proses keseluruhan untuk membuat serat optik serupa. Dua lapisan kaca, atau plastik dalam hal serat plastik, dilebur menjadi satu. Dua potong kaca ditarik menjadi serat panjang dengan inti dan selubung luar. Perbedaan dalam indeks bias inti dan selubung adalah apa yang memungkinkan cahaya melakukan perjalanan melalui inti sementara terkandung dalam inti itu oleh selubung. Serat optik tipis ditarik ke bawah, didinginkan, dan digulung untuk mengikat dan membuat kabel serat optik multi-untai.

Serat Mode Tunggal - Serat mode tunggal memiliki inti yang lebih sempit dan memungkinkan satu aliran data , atau mode, untuk ditransmisikan dalam jarak yang sangat jauh. Serat mode tunggal membawa bandwidth yang jauh lebih banyak, tetapi dalam lebar spektral yang lebih sempit, dari serat multi-mode.

Serat Multi-Mode
Untaian serat multi-mode menggunakan inti yang jauh lebih tebal daripada mode tunggal. Serat multi-mode dapat membawa data yang disandikan menggunakan beberapa sumber cahaya, sehingga memungkinkan beberapa aliran data untuk bepergian melalui satu serat optik. Kelemahan dari multi-mode adalah jarak transmisi dan bandwidth data yang tersedia. Transmisi multi mode bagus untuk jarak yang lebih pendek dan tidak dapat mendukung bandwidth tinggi serat mode tunggal.

Serat Plastik
Serat optik plastik (POF) biasanya tidak digunakan untuk transmisi data. Kabel serat optik plastik tidak memiliki kemurnian optik yang diperlukan untuk transmisi data yang andal. POF biasanya digunakan untuk transmisi cahaya dekoratif dan estetika. Contohnya adalah mainan di mana cahaya ditransmisikan melalui serat-serat yang menciptakan rumpun serat optik yang indah dan penuh warna. Keuntungan tambahan POF dibandingkan serat kaca dalam situasi hiburan atau estetika adalah daya tahan dan biaya. POF jauh lebih murah untuk diproduksi daripada serat gelas dan tidak serapuh.

Masa Depan Kabel Serat Optik
Penelitian terkini tentang teknologi kabel serat optik di masa depan akan memungkinkan kabel merdu mirip dengan radio. Streaming data pada serat mode tunggal akan dapat terkandung dalam spektrum cahaya tertentu dan akan dapat disetel mirip dengan radio masa kini.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Perangkat-keras/101300679.html

Perangkat keras
  • Apa Beberapa Jenis Peralatan Pengawasan & Pemantauan?

    Ada banyak jenis peralatan pengawasan untuk memantau data visual, auditori, dan komunikasi. Beberapa tersedia secara luas; yang lain secara hukum atau finansial di luar jangkauan siapa pun kecuali lembaga pemerintah. Teknologi tidak terbatas hanya pada alat untuk mengumpulkan informasi, tetapi melua

  • Apa Pro & Kontra dari Membeli Laptop yang Diperbaharui?

    Mengevaluasi potensi keuntungan dari membeli laptop yang diperbarui dibandingkan dengan yang baru benar-benar masalah penghindaran biaya versus penerimaan risiko. Dengan harga laptop baru mendekati paritas dengan sistem desktop yang dilengkapi sama, dan laptop yang diperbaharui hanya memberikan perb

  • Apa Manfaat Pemetaan Drive?

    Pemetaan drive adalah fitur dari beberapa sistem operasi, termasuk Microsoft Windows, yang memungkinkan pengguna untuk menetapkan huruf volume drive lokal standar (seperti C: \\ atau D :) ke drive pada mesin jarak jauh yang terhubung ke komputer pengguna melalui jaringan. Memetakan drive memiliki be

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com