whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Jaringan

Apa Manfaat Menggunakan Firewall?

Perangkat lunak firewall terutama merupakan tindakan pengamanan, membentuk pos pemeriksaan virtual untuk melindungi komputer dan perangkat jaringan lainnya dari serangan. Namun, peningkatan keamanan jaringan bukan satu-satunya manfaat yang dapat diberikan oleh perangkat lunak firewall. Firewall juga dapat digunakan untuk membantu menegakkan aturan tentang penggunaan jaringan di rumah atau kantor, serta membantu Anda memantau aktivitas di jaringan Anda.

Bagaimana Firewall Bekerja

Firewall menggunakan aturan untuk memeriksa paket jaringan saat mereka melewati lokasi tertentu di jaringan. Jika suatu paket tidak melanggar aturan firewall apa pun, firewall akan mengizinkan paket tersebut sampai ke tujuannya. Namun, paket yang melanggar aturan firewall - misalnya, dengan berasal dari host yang telah diblokir dari pengiriman lalu lintas ke jaringan - akan dibuang.

Manfaat Keamanan

Firewall memberikan peningkatan keamanan yang nyata untuk komputer dan perangkat lain, terutama pada jaringan yang terhubung ke Internet. Tanpa perangkat lunak firewall, akan sangat mudah bagi penyerang untuk mengirim program jahat ke komputer Anda melalui jaringan, secara drastis meningkatkan beban program anti-virus dan anti-malware komputer Anda. Namun, dengan adanya firewall, Anda dapat menentukan dengan tepat apa yang dapat dikirim dan diterima oleh komputer di jaringan Anda dari dunia luar, membantu Anda untuk memotong ancaman dari sumbernya.

Memantau Dengan Firewall

Firewall logging adalah proses pemantauan lalu lintas jaringan melalui firewall. Menurut definisi, firewall perlu memeriksa paket-paket jaringan dengan cermat ketika paket-paket itu lewat. Beberapa firewall dapat mengkompilasi log menggunakan informasi yang mereka peroleh dari paket-paket ini, mencatat parameter seperti tujuan paket, sumber dan ukuran. Log ini kemudian dapat digunakan untuk membantu menentukan kondisi jaringan, termasuk area mana dari jaringan yang paling sibuk dan aplikasi jaringan mana yang paling banyak mengkonsumsi data.

Kebijakan Penegakan

Banyak jaringan memiliki kebijakan mengenai pengguna mana yang dapat mengakses data. Misalnya, sebuah sekolah kemungkinan akan mencegah semua komputernya mengakses konten dewasa, sementara pengguna rumahan mungkin membatasi jumlah waktu anak-anaknya dapat menggunakan Internet. Firewall memungkinkan pengguna untuk secara aktif menegakkan kebijakan ini dengan membuat aturan khusus. Dengan demikian, sekolah mungkin membuat aturan firewall yang memblokir semua konten yang mengandung kata kunci tertentu, sementara pengguna rumahan mungkin membuat aturan yang memblokir semua lalu lintas Internet dari akun pengguna komputer anak-anaknya, kecuali pada waktu tertentu.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Jaringan/101319010.html

Jaringan
  • Apa Fungsi Router di Internet?

    Router adalah perangkat yang digunakan pada jaringan untuk mengarahkan lalu lintas Internet dari sumber ke tujuan. Router digunakan di jaringan pribadi dan di Internet. Router juga berfungsi untuk melindungi terhadap lalu lintas luar yang memasuki jaringan internal. Segmentasi Router dapat menge

  • Apa Itu Koneksi Jaringan Gateway Internet?

    Koneksi jaringan gateway Internet dibuat oleh perangkat yang menghubungkan jaringan rumah ke Internet, seperti router, hub, sakelar atau stasiun pangkalan. Banyak perangkat berbagi jaringan memiliki opsi ini untuk memungkinkan pengguna mengontrol statusnya, serta melihat laporan lalu lintas jaringan

  • Apa Manfaat Pemetaan Drive?

    Pemetaan drive adalah fitur dari beberapa sistem operasi, termasuk Microsoft Windows, yang memungkinkan pengguna untuk menetapkan huruf volume drive lokal standar (seperti C: \\ atau D :) ke drive pada mesin jarak jauh yang terhubung ke komputer pengguna melalui jaringan. Memetakan drive memiliki be

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com