whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Jaringan

Tingkatkan Sinyal Wi-Fi Rumah Anda dalam Lima Menit

Wi-Fi hanyalah gelombang radio, dan banyak hal dapat menyebabkan gangguan. Tetapi sinyal Wi-Fi yang kuat dapat memberi Anda kinerja yang lebih cepat dan jarak jangkauan yang lebih baik, sehingga penting untuk memposisikan dan mengkonfigurasi router Anda dengan benar untuk kekuatan sinyal yang optimal. Saya akan menunjukkan caranya; hanya butuh beberapa menit.

Arahkan Antena

Router umumnya memiliki antena fisik yang dapat disesuaikan. Antena sering kali diarahkan secara horizontal agar sesuai dengan router di dalam kotaknya. Untuk kekuatan sinyal maksimum, posisikan antena router Anda secara vertikal, arahkan ke atas. Jika Anda memiliki dua antena, Anda tidak akan mendapatkan kinerja yang lebih baik dengan mengarahkannya ke arah yang berbeda.

Posisikan Router Anda dengan Benar

Pertimbangkan di mana Anda meletakkan router Anda. Jika Anda memiliki rumah atau kantor yang besar, letakkan router di dekat pusat untuk memaksimalkan jangkauan. Jika Anda memposisikan router di salah satu ujung gedung, Anda mungkin memiliki sinyal yang buruk (atau tidak ada) di ujung yang lain. Tetapi perlu diingat bahwa jika Anda sudah memiliki router yang diposisikan di salah satu ujung rumah Anda dan kekuatan sinyal hanya oke di sisi lain, Anda tidak perlu memindahkannya.

Untuk jangkauan maksimum, router juga harus tinggi. Menempatkannya di lantai adalah lokasi terburuk yang mungkin - letakkan di rak tinggi, jika mungkin.

Jangan letakkan router di atas atau di dekat benda logam besar, seperti rak logam atau lemari arsip. Ini dapat memblokir sinyal. Dinding logam atau batu juga dapat memblokir Wi-Fi, sementara dinding kayu dan plester tidak akan menimbulkan masalah.

Anda mungkin dapat membasmi sumber gangguan lainnya. Misalnya: oven microwave, telepon nirkabel 2,4 GHz, dan monitor bayi 2,4 GHz semuanya berpotensi mengganggu sinyal Wi-Fi. Saya pribadi mengalami sinyal Wi-Fi ke laptop saya sekarat setiap kali oven microwave dihidupkan. Oven microwave berhadapan langsung dengan laptop saya dan router. Solusinya? Pindahkan salah satu dari mereka sehingga microwave tidak ada di antaranya. Jika Anda mendapat gangguan dari telepon nirkabel, Anda mungkin ingin membeli telepon nirkabel 5,8 GHz yang lebih baru; ini bekerja pada pita frekuensi selain Wi-Fi dan tidak menyebabkan gangguan.

Pilih Saluran Wi-Fi Terbaik

Jika Anda berada di area dengan banyak Wi-Fi yang berbeda jaringan - seperti kompleks apartemen atau bahkan hanya rumah yang dekat dengan rumah lain - jaringan Wi-Fi tetangga Anda mungkin mengganggu jaringan Anda.

Untuk memperkecil ini, pindahkan router Anda lebih jauh dari Wi- Misalnya, jika Anda berada di apartemen dan memiliki router di sudut kamar Anda, router tetangga Anda mungkin berada tepat di sisi lain dinding.

Tapi hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah beralih ke saluran Wi-Fi yang berbeda. Anda mengakses opsi ini pada halaman pengaturan router Anda - periksa manual instruksi router Anda untuk instruksi tentang cara melakukannya. (Jika Anda tidak memiliki manual instruksi, Anda hampir pasti dapat menemukan instruksi online.) Temukan opsi saluran Wi-Fi di antarmuka web router dan ubah ke saluran lain dengan sedikit gangguan.

Mungkin perlu sedikit eksperimen untuk menemukan yang terbaik, tetapi Anda bisa mendapatkan bantuan memilih saluran Wi-Fi menggunakan aplikasi Wi-Fi Analyzer untuk ponsel dan tablet Android, yang akan memantau jaringan Wi-Fi di dekat Anda dan merekomendasikan yang paling tidak Saluran Wi-Fi berantakan untuk jaringan Anda. Sayangnya, aplikasi serupa tidak tersedia untuk iPhone atau iPad karena keterbatasan tempat Apple pada pengembang aplikasi.

Hanya itu - yang harus Anda lakukan adalah memposisikan router dengan baik dan memilih saluran Wi-Fi yang ideal untuk mengoptimalkan jaringan Anda. Tentu saja, membeli router baru yang mendukung standar Wi-Fi modern yang ditingkatkan juga dapat menawarkan Anda kekuatan sinyal dan peningkatan kecepatan.

Kredit Gambar: Sean MacEntee di Flickr, Kal Hendry on Flickr


URL:https://komputer.whycomputer.com/Jaringan/101318639.html

Jaringan
  • Cara Meningkatkan Penerimaan Kamera Nirkabel

    Kamera nirkabel nyaman karena mereka dapat ditempatkan hampir di mana saja tanpa harus menggunakan kabel ke area yang sulit dijangkau. Mereka umumnya digunakan untuk tujuan keamanan dan pengawasan. Kamera nirkabel bekerja melalui jaringan Wi-Fi dan karenanya dapat menjadi subjek dari jangkauan dan k

  • Cara Menguji Kecepatan pada Router Wi-Fi

    Mencoba menentukan kecepatan router Wi-Fi Anda dapat membingungkan saat melihat semua spesifikasi pada kotak router. Mengetahui kecepatan router Anda adalah penting, karena Anda ingin memastikan bahwa router Anda berkinerja pada tingkat optimal. Faktor-faktor seperti penyedia layanan Internet An

  • Cara Menambahkan Alamat MAC ke Router Anda

    Banyak pengguna dan organisasi rumah memiliki kebutuhan untuk menjaga pengguna tidak sah keluar dari jaringan nirkabel mereka. Selain mengambil bandwidth jaringan dari pengguna yang sah, penyusup dapat menggunakan jaringan untuk tujuan ilegal atau menguping lalu lintas orang lain untuk mendapatk

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com