whycomputer.com >> Jaringan komputer >  >> Jaringan

Perbandingan Antara Internet, Intranet & Extranet

Internet adalah jaringan komputer yang paling umum dan banyak digunakan, tetapi itu bukan satu-satunya jenis jaringan komputer untuk berbagi informasi secara digital. Internet, intranet, dan ekstranet adalah tiga jenis jaringan yang serupa tetapi berbeda. Sementara Internet terbuka untuk siapa saja dan siapa saja, intranet dan ekstranet dirancang untuk kelompok orang yang lebih kecil. Pikirkan dua yang terakhir sebagai versi yang lebih besar dari jaringan rumah pribadi.

Internet
Internet adalah jaringan yang tersedia untuk siapa saja dengan perangkat yang terhubung ke Internet. Ini adalah kumpulan besar jaringan yang berbagi informasi secara publik dalam bentuk halaman Web yang saling terkait. Protokol Internet mendefinisikan lokasi unik situs yang sebagian besar pengguna lihat sebagai nama domain atau URL. Jaringan ini benar-benar di seluruh dunia dan sering disebut sebagai web di seluruh dunia.



Jaringan intranet hanya tersedia untuk sekelompok kecil orang. Intranet terutama digunakan dalam bisnis dan organisasi untuk menyediakan akses ke file dan aplikasi di antara komputer dan server jaringan. Intranet mungkin atau mungkin tidak memiliki akses ke Internet. Jika intranet terhubung ke Internet, firewall digunakan untuk mencegah akses luar ke intranet. Tujuannya adalah untuk memungkinkan orang-orang dalam perusahaan yang sama untuk berbagi informasi melalui jaringan area lokal. Kadang-kadang disebut sebagai Internet pribadi.

Extranet
Suatu ekstranet mirip dengan intranet, tetapi dapat diakses melalui portal Web. Extranet dapat diakses dari mana saja jika pengguna memiliki nama pengguna dan kata sandi yang valid. Tujuan dari jenis jaringan ini adalah untuk memungkinkan kolaborasi dan berbagi sumber daya tidak hanya di rumah tetapi dengan sekelompok pengguna luar yang terpilih. Misalnya, bisnis akan menggunakan ekstranet untuk memungkinkan pelanggan masuk untuk memberikan masukan pada proyek. Contoh lain adalah menggunakan jaringan pribadi virtual untuk memungkinkan karyawan masuk ke jaringan saat mereka tidak ada di kantor.

Perbedaan Utama
Perbedaan utama antara ketiganya adalah aksesibilitas. Internet bersifat publik sementara dua lainnya sangat terbatas. Pengguna rumahan, jika mereka menggunakan satu sama sekali, hanya akan menggunakan intranet untuk berbagi file antar komputer dan biasanya menggunakan Internet saat mencari dan berbagi informasi. Bisnis dan organisasi adalah pengguna utama intranet dan ekstranet untuk membatasi akses ke data rahasia.

URL:https://komputer.whycomputer.com/Jaringan/101311574.html

Jaringan
  • Apa Fungsi Router di Internet?

    Router adalah perangkat yang digunakan pada jaringan untuk mengarahkan lalu lintas Internet dari sumber ke tujuan. Router digunakan di jaringan pribadi dan di Internet. Router juga berfungsi untuk melindungi terhadap lalu lintas luar yang memasuki jaringan internal. Segmentasi Router dapat menge

  • Apa Itu Koneksi Jaringan Gateway Internet?

    Koneksi jaringan gateway Internet dibuat oleh perangkat yang menghubungkan jaringan rumah ke Internet, seperti router, hub, sakelar atau stasiun pangkalan. Banyak perangkat berbagi jaringan memiliki opsi ini untuk memungkinkan pengguna mengontrol statusnya, serta melihat laporan lalu lintas jaringan

  • Cara Membuka Kunci Jaringan Internet

    Jaringan internet biasanya dikunci. Baik jaringan kabel maupun nirkabel dapat dikunci oleh perusahaan yang mengatur layanan Internet atau oleh orang yang memiliki atau membayar untuk layanan tersebut. Ketika jaringan terkunci, Anda akan melihat gembok kecil di sebelah namanya pada daftar koneksi yan

Jaringan komputer © https://komputer.whycomputer.com